BUMN-ASTRO Malaysia bantu pulihkan pendidikan Sigi

id BUMN HADIR UNTUK NEGERI,SIGI

BUMN-ASTRO Malaysia bantu pulihkan pendidikan Sigi

Wakil Bupati Sigi, Paulina menyampaikan sambutan pada seremonial peletakkan batu pertama pembangunan SDN Desa Balongga dan SMPN 26 Kabupaten Sigi di Desa Balongga, Kecamatan Dolo Selatan, Selasa (11/2). (Foto ANTARA/HO/Humas Pemkab Sigi).

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Yayasan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lewat program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) bersama perusahaan penyedia jasa jaringan televisi satelit dan radio berbayar ASTRO Malaysia membantu pemulihan pendidikan di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah setelah dua lebih gempa dan likuefaksi menghantam wilayah itu pada 28 September 2018.

BUMN dan ASTRO Malaysia melibatkan Pemerintah Kabupaten Sigi, melangsungkan peletakkan batu pertama pembangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Desa Balongga dan SMP 26 Kabupaten Sigi berlangsung di Desa Balongga, Kecamatan Dolo Selatan, Selasa.

"Pembangunan kembali sekolah ini atas bantuan Yayasan BUMN hadir untuk negeri dan kerjasama dengan ASTRO Malaysia, yang akan membangun kembali atau merenovasi sekolah tersebut serta menambah satu bangunan untuk taman kanak-kanak di Desa balongga, Kecamatan Dolo Selatan," ucap Wakil Bupati Sigi, Paulina di Sigi, Selasa.

Paulina mengemukakan membangun kembali sarana pendidikan pascabencana sangatlah penting, untuk keberlanjutan dan keberlangsungan generasi muda mengenyam pendidikan.



"Hal ini sebagai upaya pemulihan kehidupan masyarakat bagi anak-anak terdampak bencana alam. Membangun kembali sekolah sangatlah dibutuhkan agar mereka tidak kehilangan kesempatan belajar," jelasnya.

Dia berharap langkah-langkah yang dilaksanakan oleh pemerintah bersama Yayasan BUMN hadir untuk negeri dan ASTRO Malaysia, selaku donatur membangun kembali dan merenovasi kedua sekolah bertujuan agar anak-anak terdampak bencana dapat memperoleh pendidikan yang layak.

Dirinya menyebut tanggung jawab mencerdaskan kehidupan bangsa lewat memaksimalkan peran pendidikan, bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata.



"Peningkatan kualitas penduduk kita mampu mewujudkan sumber daya manusia yang lebih berkualitas. Kualitas sumber daya manusia antara lain ditentukan oleh kesempatan masyarakat untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas," tambahnya.

Saat ini, ia mengungkapkan upaya-upaya pendidikan diarahkan pada pengembangan dan pembangunan sarana prasarana pendidikan sebagai motor penggerak perubahan dari masyarakat tradisional ke masyarakat maju.

Pemkab Sigi berterima kasih kepada BUMN lewat program BUMN Hadir Untuk Negeri dan ASTRO Malaysia serta para pihak dan mitra lainnya yang telah membantu memulihkan Sigi pascabencana gempa dan likuefaksi.
 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar