Gelar Cagar Budaya di Borobudur

id borobudur, budaya

Gelar Cagar Budaya di Borobudur

(FOTO ANTARA/Anis Efizudin)

Magelang (antarasulteng.com) - Balai Konservasi Borobudur mengadakan "Gelar Cagar Budaya Indonesia" untuk memperingati 100 tahun Lembaga Purbakala Indonesia.

"Bertepatan dengan 100 tahun Lembaga Purbakala Indonesia yang sudah terbentuk sejak zaman Belanda 14 Juni 1913 kami menyelenggarakan `Gelar Cagar Budaya Indonesia," kata Kepala Balai Konservasi Borobudur, Marsis Sutopo, di Magelang, Rabu.

Ia mengatakan hal tersebut usai pembukaan "Gelar Cagar Budaya Indonesia" di Kantor Balai Konservasi Borobudur.

Marsis menuturkan, gelar cagar budaya berlangsung pada 17-19 Juni 2013, antara lain berupa seminar, pameran, dan mengundang sejumlah kelompok kesenian di sekitar Candi Borobudur untuk tampil di panggung yang telah disediakan di halaman balai Konservasi Borobudur.

"Melalui kegiatan ini dapat diketahui bahwa sudah banyak potensi yang dimiliki masyarakat sekitar Candi Borobudur, seperti kerajinan, batik, dan kesenian," katanya.

Ke depan, katanya, tinggal bagaimana mengembangkan dan mengelola lebih lanjut sehingga ketika orang ke Borobudur tidak hanya melihat candi, tetapi banyak hal yang bisa diperoleh dengan demikian akan semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Pada kesempatan 100 tahun Lembaga Purbakala Indonesia ini balai Konservasi Borobudur mencoba memfasilitasi potensi yang ada untuk ditampilkan sehingga bisa berkembang lebih lanjut," katanya.