Sulteng hanya loloskan tiga nomor cabang dayung di PON

id PON, dayung,PON XX Papua,kontingen sulteng

Sulteng hanya loloskan tiga  nomor cabang dayung di PON

Edison, Humas Pengprov PODSI Sulawesi Tengah.

Palu (ANTARA) - Humas Pengprov Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Sulawesi Tengah Edison mengatakan, kontingen Sulteng hanya mengikuti tiga nomor di cabang olahraga dayung saat PON XX di Papua pada Oktober 2020.

"Nomor yang lolos itu adalah rowing, kano dan kayak," kata dia, Jumat

Sementara untuk nomor perahu naga tidak berhasil merebut tiket karena gagal saat prakualifikasi PON, .

Dia mengatakan, dayung merupakan cabang unggulan yang sangat diharapkan KONI Sulteng mampu mempersembahkan medali di PON XX.

Sebab dalam beberapa kali pelaksanaan PON dan yang terakhir pada PON XIX Jabar 2016, dayung termasuk salah satu cabang yang mempersembahkan medali bagi kontingen Sulteng.

Guna meraih prestasi cemerlang di Papua, para atlet dayung peraih tiket PON XX saat ini terus menjalani latihan intensif di bawah pengawasan pelatih dan pengurus PODSI Sulteng.

Edison juga menambahkan Sulteng pernah melahirkan pedayung-pedayung handal yang ikut membela tim "Merah Putih" di berbagai kejuaraan mulai dari tingkat Asia hingga internasional.

Sederatan nama pedayung Sulteng yang mengukir prestasi cemerlang dan masuk dalam tim nasional di berbagai kejuaraan antara lain Yordan Yori Moula untuk nomor spesialis kano 500-1.000 meter. Bahkan Yordan Yori sangat sulit dikalahkan oleh para pedayung dari negara lainnya.

Sejak Yordan membela Sulteng di PON, beberapa kali pula dia merebut medali emas hingga pada akhirnya pedayung handal Sulteng itu mengundurkan diri dan memilih menjadi pegawai dan pelatih dayung.

Selain Yordan, atlet lainnya yang juga pernah bersinar di dalam maupun luar negeri adalah Armin dan Rio Darmawan yang belum lama ini ikut membela Indonesia di Asian Games, Pedayung kelahiran Kulawi, Kabupaten Sigi, itu saat bertanding di Asian Games 2018 berhasil menyumbangkan medali emas bagi Indonesia bersama-sama sejumlah pedayung asal daerah lainnya.

Rio Darmawan, kata Edison akan membela Sulteng di PON XX/2020 dan dia juga dipersiapkan mengikuti kejuaraan dayung di Jepang pada 2020. Di PON Papua, pedayung Sulteng itu akan turun pada nomor rowing.
 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar