Korut Ancam Serang Korsel

id serang, korut, korsel, korea

Seoul - Militer Korea Utara Senin mengancam akan meledakkan kantor-kantor media Korea Selatan di Seoul setelah peliputan kritis mengenai acara besar anak-anak di Pyongyang.
        
Staf umum militer, dalam satu pernyataan yang luar biasa rinci di
kantor berita resmi, mengatakan unit-unit peluru kendali dan pasukan-pasukan lain telah menetapkan bujur dan lintang koordinat atas beberapa kantor media di pusat kota Seoul.
        
Pernyataan itu menyebutkan nama media Korsel seperti surat kabar Chosun Ilbo dan JoongAng Ilbo, satu saluran TV yang dioperasikan oleh Dong-A Ilbo, dan stasiun-stasiun televisi KBS, CBS, MBC serta SBS.
        
Militer Korea Utara menuduh  Presiden Korea Selatan Lee Myung-Bak menghasut peliputan mereka dan menyerukan dia untuk meminta maaf guna mencegah terjadinya satu serangan.
        
"Dalam kasus sarang kejahatan mengerikan yang diledakkan satu demi satu, kelompok  Lee akan sepenuhnya bertanggung jawab untuk itu," katanya dalam apa yang disebut satu "ultimatum terbuka."
   
Pihak militer menuduh media-media melakukan peliputan yang mengerikan atas peristiwa yang membawa 20.000 anak sekolah ke Pyongyang untuk menandai ulang tahun ke-66 Perhimpunan Anak Korea.
        
Kantor Berita resmi Pyongyang, Korea Central News Agency (KCNA),  Sabtu mengatakan bahwa anak-anak tersebut berjanji setia kepada pemimpin baru Kim Jong-un.
        
"Para delegasi muda itu tidak bisa menahan kebahagiaan yang tak berujung ... di tengah kerinduan yang tidak berubah untuk mengingat citra baik hati sahabat Kim Jong-Un yang dihormati jauh di dalam hati mereka," katanya.

"Tuan Kim Jong-un, terima kasih banyak untuk memberikan kita suatu kehormatan besar ini," katanya mengutip pernyataan seorang anak sekolah berumur 13 tahun.
       
Militer Korea Utara menuduh pemerintah Korea Selatan dan media-media massa itu menggambarkan peristiwa ini sebagai tipuan propaganda yang dipentaskan oleh kepemimpinan Pyongyang. (Ant/AFP)