KPU-Lapas Kelas IIA Palu lakukan sinkronisasi data pemilih warga binaan

id Pasigala ,Sulteng ,Palu ,Sandi ,KPU Palu

KPU-Lapas Kelas IIA Palu lakukan sinkronisasi data pemilih warga binaan

Komsioner KPU Palu Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Idrus (tengah) berbincang mengenai sinkronisasi data pemilih warbin dengan Kepala Lapas Kelas II A Palu, Sudirman Zainuddin (kanan) di Kantor Lapas Kelas IIA Palu, Rabu (19/2). (ANTARA/HO-Humas KPU Kota Palu)

Jumlah penghuni lapas per 30 Januari 2020, 717 warbin. Sementara warbin dari lapas titipan dari Kabupaten Donggala 214 orang. Semuanya laki-laki

Palu (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu dan pimpinan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Palu melakukan sinkronisasi data pemilih warga binaan (warbin) yang mendekam di lapas tersebut.



Dalam pertemuan yang berlangsung di Kantor Lapas Kelas II A Palu, Rabu, Komsioner KPU Palu Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Idrus menerima data warbin yang diserahkan Kepala Lapas Kelas II A Palu, Sudirman Zainuddin melalui salah satu perwakilan Lapas Kelas IIA Palu.



"Jumlah penghuni lapas per 30 Januari 2020, 717 warbin. Sementara warbin dari lapas titipan dari Kabupaten Donggala 214 orang. Semuanya laki-laki," katanya.



Dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Palu dan Provinsi Sulawesi Tengah nanti,lanjutnya, KPU Palu akan menyiapkan dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Lapas Kelas II A Palu.



"Dalam pertemuan ini KPU Palu dan Kepala Lapas Kelas IIA Palu sepakat akan membuat draft MoU secara bersama terlebih dulu agar menjadi MoU kerjasama antara kedua belah pihak yang akan ditandatangani saat pertemuan selanjutnya secara terbuka," ujarnya.



Selain dengan pimpinan Lapas Kelas II A Palu, ia mengatakan KPU juga melakukan koordinasi dengan pompa Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu.



"Kepala Rutan Kelas II A Palu, Yansen menyerahkan data warbin sebanyak 516 orang laki-laki kepada KPU Palu disaksikan oleh staf masing lembaga. Ia juga sepakat akan membuat MoU untuk meningkatkan kualitas data pemilih di Rutan Kelas II A Palu," ucapnya.



Ia menjelaskan data-data tersebut menjadi dasar bagi KPU Palu untuk untuk melakukan pemetaan TPS khusus di lapas dan rutan agar KPU segera mempersiapkan bahan dalam rangka persiapan rapat koordinasi stakeholders pra pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih.



"Sekaligus akan menandatangani beberapa MoU dengan pihak terkait dalam rangka menghasilkan daftar pemilih yang akurat, mutakhir dan komprehensif,"terangnya.



Ia menyatakan suksesnya pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Paku serta Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng di Palu nanti tidak lepas dari kerjasama dan partisipasi aktif stakeholder dengan tetap berpegang pada regulasi yang ada.

Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar