Pemkab Sigi dorong UMKM bangkit lagi pascabencana

id ukm,sigi

Pemkab Sigi dorong UMKM bangkit lagi pascabencana

H Suwarno , salah seorang pelaku UKM yang kembali bangkit setelah setahun lebih tutup kegiata usaha karena terdampak bencana alam gempabumi. (Antara/Anas Masa)

Sigi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi terus mendorong para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di daerah itu yang mengalami dampak bencana alam gempa bumi dan likuefaksi pada 28 September 2018 untuk bisa kembali bangkit lagi.

Kepala Dinas UKM dan Koperasi Kabupaten Sigi, Samuel Pongi di Sigi, Sulawesi Tengah, Kamis, membenarkan selama ini pemerintah daerah dan juga LSM telah memberikan bantuan bagi para pelaku usaha di daerah tersebut untuk bisa bangkit lagi mengembangkan usaha mereka.

"Ya ada sekitar 615 unit usaha yang telah menerima bantuan modal usaha," katanya.

Pemerintah, kata dia, sangat berharap para pelaku usaha yang telah mendapatkan suntikan modal usaha dapat mengembangkan kegiatan dengan benar sehingga bisa kembali bangkit seperti sebelum bencana.

Ada beberapa program strategis dan prioritas Pemkab Sigi dalam lima tahun, satu di antaranya adalah pembangunan sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) . Sektor lainnya adalah pertanian dan peternakan serta pariwisata.

"Pak bupati sangat berharap semua OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di Kabupaten Sigi untuk mendukung semua sektor strategis dan prioritas guna terwujudnya Sigi yang baju, mandiri, dan berdaya saing di Provinsi Sulteng," kata Samuel.

Dia mengaku bencana alam gempa bumi yang terjadi dua tahun lalu berdampak pada semua sektor, termasuk UKM. Ribuan UKM yang tersebar di 13 kecamatan, kata dia, kehilangan usaha dan juga kesulitan modal modal pasca-bencana.

Baca juga: Pemkot Palu perkuat ekonomi rakyatnya melalui pengembangan UMKM
Baca juga: Pemkot inisiasi pembentukan koperasi UMKM mudahkan pelaku usaha
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar