Kroasia Bergabung dengan Uni Eropa

id kroasia, uni eropa

Kroasia Bergabung dengan Uni Eropa

Kroasia (REUTERS)

Zagreb (antarasulteng.com) - Kembang api, mercon dan lagu Ode to Joy dari Beethoven, mengiringi pesta bergabungnya Kroasia dengan Uni Eropa Minggu malam waktu setempat atau Senin pagi WIB ini, setelah dua dekade sejak memerdekakan diri dari Yugoslavia.

Ribuan orang berkumpul di Lapangan Ban Jelacic di Zagreb untuk merayakan masuknya negara mereka ke kumpulan 28 negara yang sekaligus menyingkirkan momen sulit bagi negara yang sudah lima tahun dilanda resesi tersebut.

"Ini akan mengubah kehidupan negeri ini menuju kebaikan. Dengan hati yang lapang saya mengucapkan selamat datang kepada Anda sekalian," kata Herman Van Rompuy, presiden Dewan Eropa kepada hadirin yang bersuka cita itu seperti dikutip Reuters.

Lonceng-lonceng dibunyikan dari Katedral Zagreb, lalu dua orang mengenakan busana putih membawa bendera Uni Eropa.

Negara bermayoritas Katolik berpenduduk 4,4 juta orang ini menjadi satu-satunya dari tujuh negara pecahan Yugoslavia yang masuk Uni Eropa, setelah Slovenia melakukannya pada 2004.

Ini menandai pulihnya negara itu dari perang 1990-an yang membuat dunia mengenal istilah "pembersihan etnis" dan membunuh lebih dari 120 ribu orang yang 20 ribu di antaranya orang Kroasia sendiri.

Ini juga menjadi ekspansi pertama Uni Eropa ke timur sejak 2007, ketika Romania dan Bulgaria bergabung dengan persekutuan ini, dan perluasan besar-besaran pada 2004 ketika 10 anggota baru bergabung dengan Uni Eropa.