Jangan masukkan air zam-zam ke dalam bagasi, itu pasti akan ketahuan seketat apapun kita membungkusnya.
Mekkah (ANTARA) - Sejumlah pesan disampaikan Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin kepada jamaah haji Indonesia gelombang pertama yang akan pulang ke Tanah Air dalam waktu dekat.

“Untuk jamaah haji Indonesia insya Allah mulai 17 Agustus berangsur-angsur mulai kloter pertama akan meninggalkan Tanah Suci ke Tanah Air dari Jeddah, mudah-mudahan dalam keadaan selamat dan sehat wal afiat,” kata Menteri Agama Lukman Hakim di Terminal Syeib Amir, Mekkah, Jumat.

Beberapa imbauan yang disampaikan, yakni jamaah agar menyiapkan fisik dan kesehatannya sebelum menempuh perjalanan pulang yang panjang ke Tanah Air.

Selain itu, ia berpesan agar jamaah jangan terlalu banyak membawa barang bawaan atau maksimal 32 kg untuk koper bagasi.

“Jangan masukkan air zam-zam ke dalam bagasi, itu pasti akan ketahuan seketat apapun kita membungkusnya. Pasti ketahuan dan akan dibongkar koper kita. Jadi sebaiknya jangan, karena nanti toh akan mendapatkan setiap jamaah 5 liter, jadi jangan berlebihan. Jangan overweight,” katanya.

Sementara untuk jamaah haji gelombang kedua yang akan menuju Madinah, Lukman juga berharap mereka bisa melaksanakan ibadah Arbain atau shalat 40 waktu di Masjid Nabawi dengan lancar.

"Bagi jamaah gelombang kedua yang akan ke Madinah akan Arbain di sana, mudah-mudahan shalat 40 rakaat bisa dilaksanakan karena ini sangat dianjurkan oleh Rosul,” katanya.

Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin sendiri dalam waktu dekat akan kembali ke Tanah Air dan melanjutkan untuk memantau pelaksanaan ibadah haji dari Indonesia.

Ia menilai ada banyak kemajuan dalam berbagai hal untuk pelaksanaan ibadah haji tahun ini.
 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2019