Global Qurban-ACT salurkan 35.290 ekor kambing untuk kurban

id Global Qurban,Aksi Cepat Tanggap,Idul Adha 1440 H

Relawan Global Qurban-Aksi Cepat Tanggap menyalurkan daging kurban ke wilayah konflik seperti Somalia pada Idul Adha 1440 H. (Aksi Cepat Tanggap)

Jakarta (ANTARA) - Global Qurban-Aksi Cepat Tanggap telah menyalurkan 35.290 ekor setara kambing pada Idul Adha 1440 H atau 2019 ke 251 kabupaten/kota di 34 provinsi dan 37 negara.

"Dalam pelaksanaannya, Global Qurban-ACT memprioritaskan penyaluran daging kurban di dalam negeri kepada lokasi bencana kekeringan, bencana alam, dan kemiskinan," kata Direktur Komunikasi ACT Lukman Azis melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Untuk penyaluran daging di luar negeri, Global Qurban-ACT mengirimkan ke wilayah-wilayah yang mengalami konfik kemanusiaan, korban perang, dan kelaparan.

Menurut Lukman, sebaran kurban di dalam negeri sebanyak 14.234 ekor setara kambing, sementara di luar negeri sebanyak 21.056 ekor setara kambing.

"Manfaat kurban ke berbagai wilayah di Indonesia dan puluhan negara telah selesai disalurkan. Pencapaian ini diperoleh berkat sinergi dari para mitra, komunitas, dan para pemangku kepentingan sehingga amanah kurban mampu membahagiakan jutaan saudara," tuturnya.

Presiden Global Qurban Hafit T Mas'ud menyatakan rasa syukur terbadap capaian yang telah diselesaikan pada Idul Adha 1440 H.

"Alhamdulillah, Allah memudahkan urusan kami, semoga amal kebaikan ini Allah curahkan untuk lembaga dan kita semua. Terima kasih atas segala doa dan dukungan luar biasa dari para manajemen ACT dan para pemangku kepentingan semua.

Hafit mengatakan satu amal telah dituntaskan. Berikutnya Global Qurban ACT akan segera menjemput amanah lembaga dan amanah Allah yang lain dan segera berganti tugas dengan amanah yang lain.

Dalam rangkaian program Dermawan Berqurban 2019, terdapat Syukuran Qurban yang diselenggarakan di berbagai daerah. Syukuran Qurban menawarkan konsep baru yang melibatkan partisipasi penuh warga dalam proses penyembelihan hingga pengolahan daging kurban.

Daging kurban diolah menjadi menu dengan cita rasa lokal yang kemudian disantap bersama-sama oleh warga dan masyarakat sekitar.

Misalnya, Sulawesi Selatan menggelar acara Syukuran Qurban di Desa Mesakada, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, yang merupakan salah satu desa para mualaf.

Selain itu, pada perayaan Idul Adha, Global Qurban-ACT tidak hanya menyalurkan hewan kurban di pelosok desa yang minim hewan kurban saja, namun juga menggelar Syukuran Qurban untuk para sahabat difabel, misalnya di Solo Raya dan di daerah-daerah sasaran lainnya.

Baca juga: ACT Lampung salurkan daging kurban menggunakan besek

Baca juga: ACT Bali adakan "syukuran kurban" bersama warga empat kabupaten

Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar