HUT RI, BI Kediri ziarah makam Bung Karno

id bi kediri ,ziarah makam bung karno,hut ri

Pimpinan BI Kediri saat ziarah makam Bung Karno di Blitar, Jawa Timur, Sabtu (17/8/2019). Foto Antara Jatim/ Asmaul Chusna

Blitar (ANTARA) - Segenap jajaran dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri, Jawa Timur, sengaja melakukan ziarah dan tabur bunga di makam proklamator sekaligus mantan Presiden pertama Indonesia Soekarno di Kelurahan Bendogerit, Kota Blitar, saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 RI.

"Untuk mengingat, menghargai, dan belajar dari tokoh bangsa. Kegiatan ini sekaligus menjadi momen bagi pimpinan dan kalangan pegawai BI, agar senantiasa mengenang perjuangan para pahlawan bangsa dan menumbuhkan rasa patriotisme dan kepemimpinan," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri Musni Hardi di Blitar, Sabtu.

Baca juga: Saat Presiden tanya Rangga yang gugup di hadapan tiang bendera

Baca juga: Tetua Badui: momentum HUT RI perkuat persatuan


Ia mengatakan, sesuai ungkapan Presiden RI Pertama Soekarno, bahwa, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya. Untuk itu, kegiatan ini menjadi momentum penting dalam meneladani pesan-pesan bapak bangsa, guna diterapkan bagi lingkup BI Kediri.

"Prosesi tabur bunga di makam pahlawan sebagai bentuk penghormatan khusus kepada pahlawan bangsa. Salah satu wujud terpenting dengan melakukan kunjungan dan tabur bunga ke makam Bapak Proklamator Kemerdekaan Republik-Indonesia, Bung Karno di Blitar," kata dia.

Dalam kegiatan itu, selain diikuti kepala BI Kediri, juga segenap jajarannya. Rombongan berangkat dari kantor setelah menggelar upacara bendera lalu berkunjung ke makam Bung Karno, sapaan akrabnya di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanan Wetan, Kota Blitar.

Rombongan juga langsung ke makam. Mereka menggelar doa bersama yang dilanjutkan dengan tabur bunga. Kegiatan itu juga berlangsung dengan lancar dan penuh khidmat. Kegiatan dipimpin langsung oleh Kepala BI Kediri Musni Hardi.

Setelah selesai tabur bunga, rombongan juga menyempatkan diri berkunjung ke Museum Bung Karno yang berada di areal makam. Kendati juga terdapat warga lain yang melakukan kunjungan, acara juga tetap berlangsung dengan tertib serta lancar.

Baca juga: Bung Karno yang terus "menghidupi" warga Blitar

Baca juga: Jamaah haji asal Jabar meriahkan lomba balap karung di Mekkah


Sementara itu, sejumlah warga lain yang juga di lokasi mengaku sengaja datang berziarah. Dwi, warga Kota Kediri sengaja datang berkunjung ke makam. Dirinya mengagumi Bung Karno dan berupaya selalu memegang teguh amanat yang diberikan.

"Saya sangat menghargai jasa para pahlawan terutama Bung Karno yang ikut menjadikan Indonesia merdeka. Semoga beliau mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Tuhan," kata Dwi. 

 

Pewarta : Asmaul Chusna
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar