London (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris merangkap Irlandia dan International Maritime Organization (IMO) Dr Rizal Sukma memimpin upacara dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-74 Republik Indonesia, Sabtu.

Upacara yang dimulai pukul 10.00 BST (British Summer Time) diadakan di Halaman Wisma Nusantara, kediaman resmi Dubes di London, dihadiri tidak kurang dari 200 orang yang terdiri dari staf KBRI London, ibu-ibu anggota Dharma Wanita Persatuan KBRI London, masyarakat serta mahasiswa Indonesia yang menempuh studi di London, demikian Minister Counselor KBRI London Thomas Siregar kepada Antara London, Sabtu.

Bertindak sebagai komandan upacara Mayor (Pnb) Anwar Sovie yang saat ini sedang menempuh studi Advanced Command and Staff Course 2019-2020 pada Defence Academy of United Kingdom di Shrivenham, Swindon, Inggris. Sedangkan Mayor Arm Suhendro Oktosatrio yang tengah menempuh pendidikan doktor (S-3) pada University of Wales Trinity Saint David, Inggris bertindak sebagai Perwira Upacara. Upacara juga dihadiri sejumlah perwira TNI yang sedang menempuh studi di Inggris.

Upacara berjalan khidmat dan tertib, dimulai dengan penghormatan umum seluruh peserta upacara kepada inspektur upacara, dilanjutkan laporan komandan upacara.

Selanjutnya, prosesi pengibaran bendera merah putih oleh pasukan pengibar bendera (paskibra) yang merupakan putra-putri dari staf KBRI London, perwakilan BUMN/S dan masyarakat Indonesia.

Langkah tegap anggota paskibra dengan pakaian setelan jas putih dan peci hitam membentuk formasi di lapangan upacara, mempersiapkan prosesi pengambilan bendera merah putih untuk dikibarkan.
Baca juga: KBRI London gelar olahraga sambut HUT RI

Ayesha Noor Blanco, siswi kelas 11 pada Mill Hill County High School, London yang terpilih sebagai pembawa bendera merah putih melangkah maju menaiki anak tangga, menerimanya dari inspektur upacara dan kembali ke barisan. Sesaat kemudian, bendera merah putih dikibarkan dengan iringan Lagu Indonesia Raya serta penghormatan seluruh peserta upacara.

Paskibra KBRI London yang terdiri dari 16 peserta sebelumnya berlatih sejak 16 Juli, dilaksanakan Kantor Atase Pertahanan KBRI London di bawah pimpinan Atase Pertahanan Kolonel Czi Ranon Sugiman.
Baca juga: Resepsi diplomatik HUT RI dan TNI di London

Selama dua kali dalam seminggu, Tim Paskibra KBRI London berlatih tanpa mengenal lelah bersama Asisten Atase Pertahanan Mayor Adm Tito Tofani dengan dibantu Alti, staf senior Protokol Konsuler KBRI London.
Baca juga: Peringatan HUT RI Ke-72 London diawali pengukuhan anggota Paskibra

Rangkaian acara berikutnya adalah mengenang Detik-Detik Proklamasi dilanjutkan pembacaan teks Proklamasi dan Undang-Undang Dasar 1945.

Upacara ditutup dengan pembacaan doa dan laporan komandan upacara.

Setelah upacara, Dubes Rizal Sukma beserta Hana A Satriyo melakukan pemotongan tumpeng dan menyerahkannya kepada beberapa warga Indonesia di Inggris yang memiliki integritas baik dan banyak berkontribusi dalam kegiatan KBRI London.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019