Ditjen Imigrasi siapkan "counter" khusus sambut jemaah haji

id Ditjen Imigrasi,Haji

"Counter" khusus untuk menyambut kedatangan jemaah haji di Bandara Soekarno Hatta Cengkareng, Tangerang, Jawa Barat. ANTARA/HO - Ditjen Imigrasi

Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM, telah menyiapkan counter khusus untuk menyambut jemaah haji yang telah pulang ke Tanah Air.

Kasubbag Humas Ditjen Imigrasi Sam Fernando, dalam rilisnya, Minggu, mengungkapkan bahwa jemaah haji sudah mulai tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno Hatta pada Sabtu (17/8) malam telah dilakukan pemeriksaan Keimigrasian di counter khusus yang terpisah dengan penumpang lainnya.

Kedatangan jemaah haji kloter pertama memang molor dari jadwal semula. Jemaah haji kloter pertama dijadwalkan mendarat sekitar pukul 21.50 WIB, mereka baru tiba sekitar pukul 22.15 WIB.

Baca juga: Jamaah haji lewati "Thermal Body Scanner" saat tiba di Tanah Air

Setelah kloter pertama ini, kloter kedua datang pada hari Minggu (18/8) sekitar pukul 01.05 WIB. Kloter pertama total ada sekitar 410 orang.

Ditjen Imigrasi dalam hal ini telah mempersiapkan semuanya dalam menyambut jemaah haji yang tiba melalui Bandara Soekarno Hatta.

Dalam menyambut kedatangan jemaah haji, Imigrasi melakukan penambahan personel untuk memberikan pelayanan pemeriksaan keimigrasian.

Baca juga: Muqoddas: Penyelenggaraan haji tahun ini semakin baik

Selain itu, juga mengaktifkan sistem auto gate dan juga memberlakukan jalur khusus bagi jemaah haji yang berkebutuhan khusus dan lansia.

Jemaah haji juga diharapkan menjaga paspor yang mereka miliki dengan baik dan disimpan agar bisa dipergunakan kembali dengan baik.

Pewarta : Joko Susilo
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar