Selain Jayapura sejumlah wilayah juga melakukan aksi demo dan semuanya berjalan aman
Jayapura (ANTARA) - Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal mengatakan, situasi kamtibmas di Papua saat ini aman dan kondusif, pasca aksi demo yang dilaksanakan di sejumlah daerah.

Memang benar saat ini situasi di Jayapura dan sekitarnya kondusif dan aktifitas masyarakat berjalan normal, pasca aksi demo damai yang berlangsung, Senin (19/8).

Selain Jayapura sejumlah wilayah juga melakukan aksi demo dan semuanya berjalan aman, kata Kombes Kamal kepada Antara di Jayapura, Selasa (20/8) malam.

Ia mengatakan dari laporan yang diterima terungkap empat kota di Papua yang melaksanakan demo, Selasa (20/8) dan semuanya berlangsung aman dengan pengawalan aparat keamanan dari TNI-Polri.

Baca juga: Korlap aksi ormas Surabaya di asrama mahasiswa Papua, Susi minta maaf

Empat kota yang melaksanakan aksi demo yaitu Nabire, Biak, Serui dan Merauke yang dilakukan sebagai bentuk solidaritas masyarakat Papua atas kejadian di Surabaya dan Malang.

Selama melakukan aksi demo, para pendemo melakukan orasi dan meminta kasus tersebut diproses secara hukum yang berlaku di NKRI serta meminta pemerintah menjamin keamanan mahasiswa yang saat ini sedang kuliah di luar Papua sehingga tidak terganggu aktifitas studi mereka.

Di era demokrasi seperti saat ini, aksi demo atau menyampaikan aspirasi di muka umum boleh dilakukan siapa saja tetapi tetap mengacu kepada undang-undang yang berlaku dengan tidak melakukan aksi anarkis yang dapat mengganggu ketertiban umum, kata Kombes Kamal.

Baca juga: Aksi demo damai di empat kota di Papua berlangsung aman
Baca juga: Wiranto sebut Papua sudah kondusif

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019