Jakarta (ANTARA) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI terpilih periode 2019-2024 dilatih tentang nilai-nilai kebangsaan oleh Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) di Hotel Bidakara, Jakarta.

"Materinya memang disamping menyangkut persoalan-persoalan geopolitik dan politik dari Lemhanas, juga akan disisipkan masalah-masalah etika publik," kata Sekjen DPR, Indra Iskandar ketika dihubungi wartawan di Jakarta, Senin.

Baca juga: MKD: Etika minimalisir penyimpangan anggota dewan

Baca juga: MKD cegah kasus Novanto jadi komoditas politik

Baca juga: Lemhanas ingatkan pemimpin bangun cara berpikir benar

Baca juga: Ketahanan nasional harus terus diperkuat jaga NKRI


Acara yang diikuti oleh ratusan anggota DPR dan DPD terpilih itu akan dibuka secara langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Jam 11 ini akan dibuka oleh Presiden Jokowi, kemudian selanjutnya materi akan disampaikan secara bertahap," kata Indra.

Tak hanya itu, Ketua DPR Bambang Soesatyo dan Ketua DPD Oesman Sapta Odang juga akan memberikan pembekalan kepada anggota DPR dan DPD terpilih.

"Nanti ketua DPR akan bicara ketua DPD juga akan dikasih waktu untuk bicara juga pagi ini," ujarnya.

Lemhannas menyelenggarakan orientasi dan pemantapan nilai-nilai kebangsaan bagi anggota DPR dan DPD RI.

Melalui kegiatan pemantapan nilai-nilai kebangsaan diharapkan anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024 memiliki watak, moral dan etika kebangsaan yang jelas dan mantap, yang akan menjadi pedoman dalam menuntun kehidupan masyarakat sesuai dengan tujuan hidup berbangsa dan bernegara Indonesia.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019