Bupati Lumajang sambut kedatangan jamaah haji

id jamaah haji lumajang,kedatangan jamaah haji lumajang

Wabup Lumajang Indah Amperawati menyambut kedatangan jamaah haji asal Kabupaten Lumajang di pendapa pendapa Aria Wiraraja Kabupaten Lumajang, Senin (26/8) (Foto Humas Pemkab Lumajang)

Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati menyambut kedatangan jamaah haji asal Kabupaten Lumajang yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 25, 26, dan 27 di pendapa Aria Wiraraja Kabupaten Lumajang, Jawa Timur pada Minggu (25/8) dan Senin.

Jamaah haji Kabupaten Lumajang kloter 25 sebanyak 444 orang tiba di Kabupaten Lumajang pada Minggu (25/8) disambut Bupati Thoriqul Haq dan Wabup Indah Amperawati, sedangkan kloter 26 dan 27 sebanyak 577 orang tiba di Lumajang disambut Wabup Indah Amperawati pada Senin.

"Hari ini jamaah haji yang tiba di Lumajang merupakan kloter 25 yang berjumlah sebanyak 444 orang dengan menggunakan 10 bus dari Asrama Haji Sukolilo menuju Lumajang, dan satu orang meninggal dunia di Tanah Suci," kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq di Lumajang.

Rombongan jamaah haji menggunakan 10 bus ditambah satu unit bus cadangan, serta satu ambulans yang dikawal mobil Polda Jawa Timur dan Satlantas Polres Lumajang.

Baca juga: 339 haji kloter 9 Lampung tiba di asrama haji

"Satu orang haji asal Kabupaten Lumajang kloter 25 meninggal dunia di Tanah Suci Mekkah karena sakit jantung atas nama Murtawi Rustam Mito bin Mito Rustam yang berusia 64 tahun, warga Desa Ledok Tempuro, Kecamatan Randuagung," tuturnya.

Sementara jamaah haji kloter 26 dan 27 disambut Wabup Indah bersama forum pimpinan daerah di pendapa Aria Wiraraja, bahkan keluarga jamaah haji memadati kawasan pendapa dan alun-alun Kabupaten Lumajang.

Wabup yang biasa disapa Bunda Indah menyambut dengan haru dan bahagia kepulangan para jamaah haji yang tiba dengan selamat, setelah menempuh perjalanan panjang dari Tanah Suci.

Rasa haru dan tangisan keluarga dan handai taulan mewarnai penyambutan para tamu Allah tersebut. Keluarga Jamaah Haji sejak pagi telah menunggu di sekitar Pendopo mau pun Alun-alun.

Kasubag Agama Bagian Kesra Setda Kabupaten Lumajang Zuhri mengatakan total jamaah haji tahun ini terbagi tiga kloter yaitu, 25, 26 dan 27, dengan jumlah keseluruhan 1.022 orang, namun satu orang meninggal dunia karena sakit.

Baca juga: Jamaah Kloter 11 asal Sulawesi Barat tiba di Tanah Air

Baca juga: Waria asal Lumajang ingin menjadi lelaki saleh usai berhaji

Pewarta : Zumrotun Solichah
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar