Palembang (ANTARA) - Pelayanan dokumen keimigrasian kedatangan jamaah haji Sumatera Selatan dan Bangka Belitung di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang sejak pertengahan Agustus hingga awal September 2019 berjalan lancar.

"Sekarang ini telah dilayani kedatangan sekitar 8.000 orang haji yang berasal dari kelompok terbang (kloter) 1-17," kata Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Palembang, Triman di Palembang, Minggu.

Baca juga: Jamaah haji Gorontalo pulang awal September

Untuk memudahkan pemeriksaan keimigrasian kedatangan jamaah haji di Debarkasi Palembang, pihaknya menyiapkan jalur khusus sesuai arahan pimpinan (Direktur Jenderal Imigrasi).

Jalur khusus disiapkan untuk memudahkan jamaah haji Sumsel dan Babel melakukan pemeriksaan dokumen keimigrasian ketika mendarat di Bandara SMB II Palembang pada malam hari.

Baca juga: Masih dirawat di Mekkah, seorang jamaah haji Medan tertunda pulang

Kedatangan jamaah haji setiap kloter rata-rata 450 orang mendarat di Bandara SMB II Palembang, pada malam hari sekitar pukul 22.00 WIB dengan pesawat Saudi Airlines.

Pelayanan dan pemeriksaan dokumen keimigrasian kedatangan jamaah haji tinggal sedikit sesuai data keberangkatan JCH asal Sumatera Selatan dan Bangka Belitung diberangkatkan dibagi 19 kloter melalui embarkasi haji Palembang ke Arab Saudi.

Baca juga: Perjalanan pulang lebih berat, jamaah haji diimbau istirahat cukup

Untuk mendukung kelancaran penyambutan kedatangan jamaah haji pada pertengahan Agustus hingga awal September 2019 ini, pihaknya menurunkan puluhan petugas melayani pemeriksaan dokumen keimigrasian jamaah yang pulang dari Tanah Suci Mekkah dan Madinah, Arab Saudi, melalui debarkasi haji Bandara SMB II Palembang.

Dengan berbagai persiapan maksimal, penyambutan ribuan jamaah haji dan petugas haji dari dua provinsi yang dibagi dalam 19 kelompok terbang itu sesuai dengan harapan bersama, ujar Triman.

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019