Jakarta (ANTARA) - Laga pekan kelima kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup E yang berlangsung Jumat (Sabtu WIB) berakhir dengan Kroasia dan Wales memetik kemenangan atas lawan masing-masing.

Kroasia yang bertandang ke Stadion Antona Malatinskeho, Trnava, sukses melumat tuan rumah Slovakia 4-0 setelah tampil sangat agresif dengan melepaskan 31 percobaan tembakan sepanjang laga.

Baca juga: Kroasia tundukkan Wales, Islandia atasi Albania

Pun demikian, gol pembuka keunggulan tepat pada pengujung babak pertama lewat tembakan jarak jauh Nikola Vlasic.

Momentum itu berlanjut saat serangan pertama Kroasia pada babak kedua langsung berbuah gol buah tendangan kaki kiri Ivan Perisic demi menggandakan keunggulan tim tamu.

Slovakia berusaha membalas namun dua tembakan beruntun Robert Mak dan Robert Bozenik berhasil dimentahkan kiper Dominik Livakovic.

Gol ketiga Kroasia baru lahir pada menit ke-72 saat umpan Josip Brekalo berhasil diselesaikan dengan sempurna oleh Bruno Petkovic.

Unggul tiga gol tak membuat serangan Kroasia mengendur dan semenit jelang waktu normal berakhir Dejan Lovren melengkapi kemenangan tim tamu menjadi 4-0 lewat tandukannya menyambut sepak pojok Marcelo Brozovic.

Hasil itu membuat Kroasia naik ke urutan kedua klasemen dengan koleksi sembilan poin, sedangkan Slovakia (6) turun ke peringkat keempat lantaran di laga lain Wales (6) menang atas tamunya Azerbaijan (0).

Tren positif Bale berlanjut

Gareth Bale, melanjutkan tren positif yang dibawanya dari Real Madrid demi membawa Wales menang 2-1 atas Azerbaijan di Stadion Kota Cardiff.

Ia membuka keunggulan Wales pada menit ke-26 lewat tembakan jarak jauhnya yang bersarang ke gawang Azerbaijan setelah lebih dulu mengenai pundak Pavel Pashayev. Belakangan gol itu dihitung sebagai gol bunuh diri Pashayev.

Baca juga: Gareth Bale vs Zinedine Zidane

Wales berusaha menambah keunggulan mereka dengan mendominasi penguasaan bola, namun gawang mereka justru kebobolan karena keteledoran lini belakang sendiri pada menit ke-58.

Berawal dari kesalahan Neil Taylor, Ramil Seydaev merebut bola dan mengirimkannya Mahir Emreli. Tembakan pertamanya berhasil digagalkan oleh kiper Wayne Hennessey, namun bola muntah berhasil disambar Emreli utnuk menyamakan kedudukan 1-1.

Kerja keras Wales untuk mengembalikan keunggulan baru membuahkan hasil pada menit ke-84 bola tembakan Joe Allen dihalau dan memantul ke udara namun Bale melompat untuk menanduknya ke dalam gawang.

Dua gol dari sentuhan Bale memastikan tiga poin tambahan bagi Wales.

Baca juga: Belanda permalukan Jerman saat bertandang ke Hamburg

Baca juga: Belgia masih sempurna usai berpesta empat gol di San Marino

Berikut hasil pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup E pekan kelima (tuan rumah disebut pertama):

Slovakia 0 - Kroasia 4 (Nikol Vlasic 45', Ivan Perisic 46', Bruno Petkovic 72', Dejan Lovren 89')
Wales 2 - Azerbaijan 1 (Pavel Pashayev bd-26', Gareth Bale 84'; Mahir Emreli 58')

Klasemen Grup E
  Tim M M I K Gol P
1 Hongaria 4 3 0 1 6-4 9
2 Kroasia 4 3 0 1 9-4 9
3 Wales 4 2 0 2 4-4 6
4 Slovakia 4 2 0 2 7-6 6
5 Azerbaijan 4 0 0 4 4-12 0

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019