Kepala BAPPEDA Sulteng daftar sebagai calon gubernur

id pilkada sulteng,pilkada serentak,pilkada 2020

Ilustrasi Pilkada (Antaranews)

Palu (ANTARA) - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Provinsi Sulawesi Tengah, Hasanuddin Atjo ikut mendaftarkan dirinya sebagai calon Gubernur Sulawesi Tengah periode 2020-2025 di Kantor Sekretariat PDIP yang terletak di bilangan Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Palu Timur.

Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu PDIP Provinsi Sulteng, Lasnardi Lahi,Senin, membenarkan salah seorang tim sukses dari Hasanuddin Atjo bernama Ambo Rappe pada 09 September 2019 pukul 09.00 WITA telah datang ke kantor sekretariat untuk mengambil formulir pendaftaran calon gubernur.  Dengan demikian, kata dia, sudah enam calon Gubernur Sulteng yang telah mendaftarkan diri mereka di PDIP

Sementara calon wakil gubernur yang sudah mengambil formulir pendaftaran calon wakil gubernur baru satu orang yakni dari internal partai berlambang banteng itu. "Untuk calon wakil gubernur yang sudah mendaftar adalah Suyanto. Beliau dari internal PDIP," kata Lasnardi.

Baca juga: NasDem harap PDIP pengusung utama Ahmad Ali di Pilkada Sulteng

Dia menjelaskan pembukaan pendaftaran calon gubernur dan calon wakil gubernur dimulai dari 05 s/d 12 September 2019.
Paling lambat pada 18 September 2019, para calon sudah mengembalikan formulir dimaksud untuk diverifikasi oleh partai. Setelah itu,semua berkas administrasi akan diserahkan kepada DPP PDIP di Jakarta paling lambat 23 September 2019.

Ia menegaskan, DPW PDIP Provinsi Sulteng hanya sebagai melaksanakan penjaringan dan penyaringan berkas calon gubernur dan wakil gubernur. Selanjutnya, kata Lasnardi, DPP PDIP yang akan melakukan seleksi dan survei.

Baca juga: KPU Sulawesi Tengah mulai susun agenda persiapan Pilkada serentak 2020

Semua para calon akan dipanggil ke DPP PDIP setelah semua berkas administrasi pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur sudah rampung di tingkat DPW PDIP di Sulteng.

Menjawab pertanyaan, DPW PDIP Provinsi Sulteng memberikan kesempatan bagi semua calon yang akan mendaftar. "Kami beri keleluasaan bagi siapa saja warga negara Indonesia yang akan mendaftar sebagai calon gubernur dan wakil Gubernur Sulteng.

"Tidak ada kriteria khusus. Yang penting usianya di atas 30 tahun dari berbagai latar belakang, politikus, pengusaha, birokrat, akademisi dan lainnya.Tidak ada pembatasan dan yang terpenting bersangkutan adalah warga negara Indonesia. Silahkan mendaftar sesuai dengan prosedur dan mekanisme yang telah ditetapkan," ujarnya.

Dia juga menambahkan satu-satunya calon gubernur yang datang mendaftar langsung adalah Achmad Ali yang saat ini menjabat Bendahara DPP NasDem yang juga Ketua DPW NasDem dan anggota DPR.

Para calon Gubernur Sulteng yang telah mendaftar dan mengambil formulir adalah Moh Hidayat Lamakarate (Sekprov Sulteng), Nurmawati Bantilan, Anwar Hafid (Mantan Bupati Morowali), Rusdi Mastura (mantan Wali Kota Palu),  Achmad Ali dan Hasanuddin Atjo.

Ambo Rappe, salah seorang tim sukses calon gubernur, Hasanuddin Atjo juga membenarkan telah mengambil formulir pendaftaran calon Gubernur Sulteng langsung ke Sekretariat PDIP Sulteng pada Senin (9/9) sekitar pukul 09.00WITA.

Ada beberapa persyaratan administrasi yang harus dipenuhi oleh calon gubernur seperti mengisi surat permohonan, biodata, KTP, Ijazah dan riwayat hidup serta lainnya.
"Kita akan melengkapi semua persyaratan yang diminta agar bisa lolos verifikasi berkas," kata dia.

Pewarta : Anas Masa
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar