Operasi Arus Listrik di Kalideres untuk antisipasi kebakaran

id Stiker kebakaran, opal, kalideres, kebakaran, jakarta barat,P2TL,Meteran

Warga Kalideres menempelkan stiker kebakaran pada rumah yang ditemukan aliran listriknya tidak sesuai standar, Rabu (11/9/2019). (ANTARA/HO/Polres Metro Jakarta Barat)

Jakarta (ANTARA) - Operasi Arus Listrik dilaksanakan di lingkungan RW 05 Kelurahan Pegadungan Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, untuk mengantisipasi kebakaran yang ditimbulkan dari pencurian kabel maupun instalasi listrik yang tidak sesuai standar.

Wakapolsek Kalideres Jakarta Barat Ajun Komisaris Polisi (AKP) Julianto bersama PLN Unit Kalideres memimpin pengamanan giat Operasi Arus Listrik (Opal) di lingkungan RW 05 Pegadungan, Kalideres Jakarta Barat, Rabu.

Julianto menerangkan, tujuan penertiban adalah untuk mencegah terjadinya pencurian arus listrik dan kebakaran yang akhir-akhir ini terjadi di wilayah Kalideres serta mengimbau kepada masyarakat agar perduli dengan lingkungan.

"Sasaran Opal kali ini adalah perumahan dan pergudangan, yang bertujuan melindungi masyarakat dari dampak pencurian listrik maupun penggunaan kabel tidak standar agar terhindar dari bahaya kebakaran," kata Julianto.

Baca juga: Anies: Stiker kebakaran munculkan kesadaran tempat berisiko
Baca juga: DKI Jakarta berencana akan beri tanda wilayah rawan kebakaran
Baca juga: Penyebab utama kebakaran di Jakarta terkait listrik


Hasil Operasi Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik (P2TL) di RW 05 tidak terdapat aliran listrik yang diputus petugas. Namun ditemukan rumah warga yang memodifikasi meteran listrik.

Oleh pihak PLN, aliran listrik yang ditemukan bermasalah di rumah warga dikembalikan seperti semula dan dilaksanakan penempelan stiker bahaya kebakaran terhadap tempat usaha yang memiliki instalasi listrik tidak sesuai.

Julianto mengajak warga memperhatikan instalasi listrik serta menggunakan kabel standar. Bagi tempat usaha, diimbau memenuhi standar keamanan, antara lain, menyiapkan alat pemadam kebakaran api ringan (apar) dan lainnya.

“Kami ingin warga memahami dan sadar tentang pemakaian maupun instalasi listrik agar terhindar dari kebakaran," ujar dia.

Pewarta : Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar