Prioritas utama saya untuk IMF adalah membantu anggota meminimalkan risiko krisis dan siap untuk menghadapi penurunan jika terjadi
Washington (ANTARA) - Dewan eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) pada Rabu (25/9/2019) menyetujui pencalonan Kristalina Georgieva, kepala eksekutif Bank Dunia asal Bulgaria, untuk menjadi direktur pelaksana IMF selama lima tahun terhitung mulai pada 1 Oktober.

Memperhatikan bahwa sebuah "kehormatan besar" baginya untuk dipilih sebagai direktur pelaksana berikutnya, Georgieva mengatakan kepada wartawan di kantor pusat IMF pada Rabu sore (5/9/2019) bahwa ia melangkah ke dalam peran sebagai "dipercaya kuat" dalam mandat pemberi pinjaman global.

Ketua IMF yang baru mengatakan dia menganggap posisinya sepenuhnya menyadari tantangan-tantangan. "Pertumbuhan ekonomi global terus mengecewakan. Ketegangan perdagangan masih berlanjut dan beban utang meningkat di banyak negara," katanya, seraya mencatat bahwa "tanda-tanda peringatan mulai muncul."

"Prioritas utama saya untuk IMF adalah membantu anggota meminimalkan risiko krisis dan siap untuk menghadapi penurunan jika terjadi," kata Georgieva. "Namun kita seharusnya tidak melupakan tujuan jangka panjang untuk membangun ekonomi yang lebih kuat dan meningkatkan kehidupan masyarakat di atas dasar kebijakan moneter, fiskal, dan struktural yang sehat."

Dia menambahkan bahwa itu juga berarti menghadapi tantangan jangka panjang seperti ketidaksetaraan, risiko iklim dan perubahan teknologi yang cepat.

"Tujuan saya adalah untuk memperkuat dana dengan memastikan bahwa itu adalah sumber daya yang baik, dikelola dengan baik, bahkan selalu tidak berat sebelah, melihat ke depan dan memperhatikan kebutuhan semua anggota kami, besar dan kecil, kaya dan miskin," kata direktur pelaksana baru IMF.

Georgieva, dipilih oleh Uni Eropa untuk memimpin IMF, telah menjadi satu-satunya calon untuk posisi itu. Dia bertugas di Komisi Eropa mulai 2010, dan telah menjadi CEO Bank Dunia sejak Januari 2017. Dia adalah presiden sementara Bank Dunia dari Februari hingga April tahun ini.

Georgieva, yang menggantikan Christine Lagarde dari Prancis, adalah orang pertama dari ekonomi pasar berkembang yang memimpin IMF sejak didirikan pada 1944, kata dewan eksekutif dalam sebuah pernyataan.

"Selamat kepada teman saya Kristalina Georgieva atas terpilihnya sebagai direktur pelaksana baru IMF. Semoga Anda sukses dalam memimpin lembaga hebat ini," kata Lagarde di Twitter tak lama setelah pengumuman dewan eksekutif.

Sementara itu, Georgieva mengatakan dalam pidatonya bahwa dia "sangat beruntung" memiliki Lagarde sebagai pendahulunya. "Visinya, kepemimpinannya telah memberi kontribusi sangat besar bagi keberhasilan dana," kata Georgieva.

Pada Juli, Lagarde, pemimpin wanita pertama IMF, mengumumkan pengunduran dirinya mulai 12 September tak lama setelah dia dicalonkan sebagai presiden Bank Sentral Eropa (ECB), memicu proses seleksi untuk direktur pelaksana pemberi pinjaman global berikutnya.

Pada awal Agustus, Georgieva mengalahkan mantan Menteri Keuangan Belanda Jeroen Dijsselbloem dan muncul sebagai pilihan UE untuk memimpin IMF, setelah negara-negara Uni Eropa gagal mencapai konsensus mengenai satu kandidat.

Awal bulan ini, IMF menyetujui penghapusan batas usia untuk posisi direktur pelaksana, membuka jalan bagi Georgieva yang berusia 66 tahun untuk memimpin pemberi pinjaman multilateral. Sebelumnya, peraturan IMF telah melarang pengangkatan seorang kandidat yang berusia 65 atau lebih sebagai direktur pelaksana dan juga melarang direktur pelaksana untuk menjabat melewati ulang tahunnya yang ke-70.

Posisi kepala IMF selalu dipegang oleh orang Eropa sementara kepala Bank Dunia secara tradisional adalah orang Amerika, suatu pengaturan informal yang telah bertahan selama lebih dari tujuh dekade. Demikian laporan yang dikutip dari Xinhua.

Baca juga: Wall Street menguat, ditopang lonjakan saham Nike dan data ekonomi AS

Baca juga: Dolar AS menguat, di tengah permintaan pemakzulan terhadap Trump

Baca juga: Harga emas anjlok 27,9 dolar, tertekan dolar dan ekuitas AS





 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019