Pemerintah siapkan Rp5 triliun untuk tanggulangi bencana pada 2020

id Pemerintah,Penanggulangan bencana,Mitigasi,APBN

Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan Askolani di Jakarta, Kamis (26/9/2019). (ANTARA/AstridFaidlatulHabibah)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah menyiapkan dana sebesar Rp5 triliun yang telah masuk pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020 untuk penanggulangan bencana alam di Indonesia.

Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan Askolani mengatakan bahwa sebenarnya pengalokasian dana untuk penanggulangan bencana tersebut telah dilakukan oleh pemerintah setiap tahun.

“Untuk 2020 telah disiapkan pendanaan untuk tanggap darurat bencana yang biasanya Rp4 triliun sampai Rp5 triliun,” katanya di Jakarta, Kamis.

Ia menjelaskan dana tersebut akan disalurkan kepada tiga lembaga yaitu Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), serta Badan Informasi Geospasial (BIG).

“Dalam mitigasi bencana yang dominan akan dilakukan oleh BPPT dan BIG, sedangkan yang mengeksekusi bisa membantu pemda dalam mengatasi masalah bencana itu,” jelasnya.

Baca juga: BNPB: Sejumlah fasilitas umum rusak akibat gempa Ambon

Di sisi lain Askolani menuturkan bahwa meskipun dana tersebut masuk dalam APBN 2020 namun akan tetap digunakan untuk pemulihan bencana alam yang telah terjadi pada tahun sebelumnya seperti di Palu dan NTB. “Hal ini juga sudah kami lakukan pada 2019,” ujarnya.

Ia mengatakan pemulihan bencana alam tersebut tidak hanya dipakai dalam mendukung tersedianya alat pencegahan tapi juga untuk melakukan berbagai sosialisasi tentang tanggap bencana kepada masyarakat agar mereka dapat memitigasi adanya kemungkinan terjadinya bencana alam pada masa mendatang.

“Masyarakat perlu diedukasi supaya bisa menanggulangi karena Indonesia memang rawan. Pemerintah sudah punya rencana jangka pendek dan menengah,” katanya.

Selain itu, Askolani optimistis bahwa dana mitigasi pada 2019 tetap tersedia hingga akhir tahun meskipun saat ini sedang banyak terjadi kebakaran hutan seperti di Kalimantan dan Sumatera. “Kebakaran hutan juga kami dukung dari anggaran dana bencana 2019,” ujarnya.
Baca juga: Pemerintah kebut pembahasan RUU Penanggulangan Bencana

Pewarta : Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar