...penambahan rute yang dilakukan oleh maskapai Air Asia, terutama akses internasional Kuala Lumpur-Belitung, diharapkan mampu menarik wisatawan internasional ...
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyambut baik penambahan rute maskapai Air Asia ke Belitung, yaitu rute Jakarta-Belitung dan Kuala Lumpur-Belitung dan Sorong.

Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Hukum dan Reformasi Birokrasi Umar Aris dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, berharap bahwa penerbangan perdana AirAsia dapat menjadi multiplier effect bagi perkembangan pariwisata dan perekonomian masyarakat Belitung.

Multiplier effect ini diharapkan dapat tumbuh, khususnya untuk masyarakat Belitung dan tentunya bagi seluruh rakyat Indonesia,” tegasnya.

Pada peresmian turut hadir Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Bupati Belitung, Deputy CEO AirAsia Indonesia, dan Kepala UPBU HAS Hanandjoeddin.

Acara peresmian diawali dengan water salute saat pesawat mendarat dan dilanjutkan dengan penyambutan penumpang dengan tarian adat khas Belitung.

Peresmian tersebut sekaligus sebagai selebrasi dua penerbangan perdana untuk rute domestik Jakarta-Belitung yang beroperasi sejak 1 Oktober 2019 serta rute internasional Kuala Lumpur-Belitung yang mulai beroperasi pada 2 Oktober 2019.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti mengungkapkan apresiasi atas dibukanya rute penerbangan baru ini.

“Kami menyambut positif atas bertambahnya penerbangan menuju Belitung. Dengan penambahan rute yang dilakukan oleh maskapai Air Asia, terutama akses internasional Kuala Lumpur-Belitung, diharapkan mampu menarik wisatawan internasional untuk mengunjungi dan menikmati keindahan wisata Belitung," jelas Polana.

Selain itu AirAsia juga membuka rute penerbangannya ke Sorong (Papua) dengan rute Jakarta-Sorong PP yang beroperasi mulai hari ini (3/10). Sementara pesawat yang digunakan untuk menembus kawasan Indonesia Timur ini adalah jenis Air Bus 320 dengan kapasitas 180 kursi.

Dalam sepekan AirAsia melayani penerbangan Jakarta- Sorong PP sebanyak empat kali, yakni di Senin, Selasa, Kamis dan Minggu.

Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisata ke Raja Ampat dan destinasi wisata lainnya di wilayah Papua Barat.

Baca juga: Wings Air hentikan penerbangan Sam Ratulangi-Naha mulai hari ini

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019