Sesuai arahan Presiden, penetrasi ekspor tidak hanya ke pasar tradisional seperti China, Jepang, atau Amerika Serikat, tetapi juga pasar non tradisional, yakni Afrika dan Asia Selatan.
Jakarta (ANTARA) - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank siap membantu eksportir menyasar negara-negara non tradisional sehingga turut berkontribusi pada kinerja ekspor nasional.

"Sesuai arahan Presiden, penetrasi ekspor tidak hanya ke pasar tradisional seperti China, Jepang, atau Amerika Serikat, tetapi juga pasar non tradisional, yakni  Afrika dan Asia Selatan," ujar Direktur Eksekutif LPEI, Sinthya Roesly di Jakarta Jumat.

Menurut dia, dengan menyasar negara-negara non tradisional itu,  perang dagang yang sedang terjadi antara Amerika Serikat dan China tidak akan terlalu mempengaruhi kinerja ekspor Indonesia.

"Tidak tahu kapan akan berujung perang dagang antara Amerika Serikat dan China, makanya perang dagang harus dilihat dari sisi yang berbeda," ucapnya.

Ia menambahkan pihaknya juga siap menyediakan pembiayaan bagi transaksi atau proyek yang dikategorikan tidak dapat dibiayai oleh perbankan tetapi mempunyai prospek (non-bankable but feasible) untuk peningkatan ekspor nasional.

Baca juga: LPEI dan Bank Permata kerja sama penjaminan kredit ekspor

Selain mendukung para eksportir menyasar pasar non tradisional, Sinthya Roesly menambahkan pihaknya juga akan mengembangkan bisnis jasa konsultasi untuk membantu eksportir memenuhi tujuannya.

"Itu juga menjadi opportunity di tengah perlambatan ekonomi global sehingga bisnis LPEI baik ke depan," katanya.

Sebelumnya, LPEI menandatangani kesepakatan bisnis sebesar 356 juta dolar AS (sekitar Rp5,07 triliun) dengan PT Wijaya Karya (WIKA) dan sejumlah negara Afrika, melalui fasilitas "buyer’s credit".

"Kami sedang galakkan 'buyer’s credit', terutama untuk proyek-proyek yang nilainya besar," kata Shintya Roesly.

Kesepakatan yang dicapai itu mencakup fasilitas buyer’s credit senilai 40 juta dolar AS untuk proyek pembangunan pelabuhan terminal liquid (bulk liquid terminal) di Zanzibar-Tanzania.

Kemudian, fasilitas buyer’s credit senilai 250 juta dolar AS untuk pembangunan kawasan bisnis terpadu (mixed used complex-Goree Tower) di Senegal, serta fasilitas buyer’s credit senilai 66 juta dolar AS untuk pembangunan rumah susun (social housing) di Pantai Gading.
Baca juga: LPEI-Himbara cari kesepakatan penundataan pembayaran utang Duniatex

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019