Api di Kawah Putih mulai padam, namun menjalar ke Pasirjambu

id Karhutla, kawah putih, pasirjambu,kebakaran hutan dan lahan

Kondisi hutan yang tertutup asap dari titik api yang membakar hutan tropis kawasan Taman Wisata Alam Kawah Putih Gunung Patuha, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (8/10/2019). ANTARA FOTO/Novrian Arbi/ama.

Bandung (ANTARA) - Api kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang menghanguskan lahan di Kawah Putih, Kecamatan Ciwidey, Bandung, Jawa Barat, sejak Senin (7/10), mulai padam, namun kini menjalar ke wilayah Kecamatan Pasirjambu.

"Hasil dari pemantauan Selasa malam kemarin, titik api di seputaran Kawah Putih sudah tidak terlihat sehingga Kegiatan pendinginan menggunakan Pemadam Kebakaran dihentikan untuk sementara," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko.Trunoyudo di Bandung, Rabu.

Meski demikian, kata Trunoyudo, tim gabungan akan kembali melakukan patroli pemantauan titik api sebagai antisipasi jika api kembali menyala.

"Selanjutnya tim gabungan melaksanakan patroli sesuai pembagian 3 grup di 3 titik api pascakebakaran (yakni Sunan Ibu, Cipanganten dan Sunan Rama)," kata dia.

Baca juga: Kebakaran lahan di Kawah Putih Ciwidey capai 15 hektare

Namun Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Achmad Djohar mengatakan api yang asalnya menghanguskan Kawah Putih itu kini menjalar ke wilayah Kecamatan Pasirjambu.

"Pasirjambu kena, itu rembetan apinya dari Patuha di Kawah Putih," kata Achmad.

Sebelumnya, pihak kepolisian menyatakan luas lahan yang terbakar di Kawah Putih mencakup kurang lebih 15 hektare. Api tersebut menghanguskan alang-alang, lahan gambut dan pepohonan kering di kawasan wisata Bandung Selatan itu.

Hingga saat ini pihak kepolisian belum mengetahui penyebab kebakaran tersebut. Untuk itu, polisi tengah melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab kebakaran.

Kawah Putih Bandung adalah sebuah kawasan wisata danau yang merupakan kawah hasil letusan Gunung Patuha. di Jawa Barat.

Baca juga: Helikopter bom air BNPB dikerahkan atasi karhutla di Kawah Putih
 

Pewarta : Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar