Tangerang (ANTARA) -
Tim Misi Kebudayaan SMA Labschool Cibubur berhasil membuat harum nama Indonesia di Kancah lnternasional dengan berhasil meraih Predikat Grand Prix pada kompetisi Tari dan Budaya yang dilaksanakan di Prague, Ceko.

Asep Nurohman selaku pendamping di Tangerang Rabu menjelaskan, Tim Misi Kebudayaan ini berhasil mengalahkan belasan negara yang mengikuti kompetisi tersebut sekaligus mengukuhkan dirinya sebagai Juara Umum pada kompelisi yang bertajuk XXX Prague Stars Folklore Competition 20l9.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 3-4 November 2019 ini diselenggarakan oIeh Iembaga Budaya European Association Folklore Fawiml dan Dewan Kola Prague, Ceko.

Kompetisi ini dibagi menjadi beberapa kategori Perlombaan yaitu Folklore Dance dan Folklom Music. "Kegiatan ini dilkuti oleh 13 Negara dari seluruh Dunia dengan menampilkan berbagai performance dari negara mereka masing-masing," ujarnya saat tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno - Hatta Tangerang Banten, Rabu dini hari.

Baca juga: Kiny Cultura-GCN suguhkan tarian Indonesia ke empat negara

Eli Noviami Hayi sebagai pendamping lainnya menjelaskan, total siswa SMA Labschool Cibubur yang ikut ada 28 orang. Sedangkan total peserta pada kompetisi kebudayaan ini berjumlah 1,000 peserta yang terbagi dari negara-negara peserta kegiatan ini.

Tim Misi Kebudayaan dari SMA Labschool Cibubur menampilkan beberapa tarian yaitu Tari Enggang dan Giring Giring serta Ratoe Jaroe yang memillki makna yang sangat kuat khususnya dalam memperkenalkan Budaya Indonesia yang sangal bcragum dan unik serta menarik di Dunia.

"Pesona Misi kebudayaan ini tampil dua kali untuk babak penyisihan dan babak grand final untuk kemudian dinobatkan scbagai juara umum," ujarnya.

Baca juga: Danadyaksa budaya raih penghargaan di Festival Folklore Internasional

Ali Chudori selaku kepala SMA Labschool Cibubur mengatakan, keberhasilan Tim Misi Kebudayaan ini adalah suatu hal yang sangat membanggakan bagi Bangsa Indonesia secara Umum dan keIuarga Besar SMA Labschool Cibubur secara khusus.

Apalagi diraihnya penghargaan ini dilakukan berdekatan dengan peringatan hari pahlawan Naslonal. "Apa yang diraih olch anak-anak hebat mi adalah kado yang paling indah di hari pahlawan Nasional 2019 ini," katanya.

Dia mengatakan  perjuangan meraih Juara Umum pada kompetisi ini bukanlah sebuah hal yang mudah diraih oleh siswa SMA Labschool Cibubur. Para siswa harus berlatih berhari-hari untuk dapat menampilkan yang terbaik demi bangsa dan negara tersebut.

"Karena  itut memgherankan akhirya mereka dapat memberikan prestasi yang membanggakan bagi Bangsa dan negara tersebut," katanya.

Baca juga: Grup tari RI raih medali emas & GP di Spanyol

 

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019