harapannya, TPS bisa menempati bangunan sekolah dasar di desa setempat
Kudus (ANTARA) - Tenda tempat pemungutan suara (TPS) yang berada di lapangan Desa Papringan, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, roboh diterpa angin kencang pada Senin (18/11) sore.

Menurut Sekretaris Camat Kaliwungu Satrio Agus Himawan di Kudus, tenda TPS di Desa Papringan yang roboh diterpa angin pada Senin (18/11) sekitar pukul 15.30 WIB, langsung diperbaiki.

Untuk panggungnya, kata dia, masih berdiri tegak, sedangkan yang roboh hanya tenda untuk TPS.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kudus Adi Sadhono Murwanto menambahkan sebelumnya semua camat sudah diingatkan untuk meninjau ulang penempatan TPS di lapangan, menyusul cuaca ekstrem seperti sekarang.

"Harapannya, TPS bisa menempati bangunan sekolah dasar di desa setempat," ujarnya.

Baca juga: Angin puting beliung rusak puluhan rumah di Jember
Baca juga: Angin kencang kembali terjang tiga desa di Kota Batu, Jawa Timur


Hanya saja, lanjut dia, keputusan lokasi TPS ditentukan oleh panitia pemilihan sehingga masih ada yang memanfaatkan lapangan.

Kasus robohnya tenda TPS di Desa Papringan, kata dia, memang menjadi masukan terhadap panitia yang memanfaatkan lapangan sebagai TPS agar diperkuat agar tidak mudah diterpa angin kencang.

"Khawatirnya, ketika saat pencoblosan terjadi kasus serupa dan mengakibatkan hilangnya sejumlah dokumen penting," ujarnya.

Hasil pantauan di lapangan bersama Forkompinda hari ini (18/11), kata dia, memang terdapat beberapa desa yang memanfaatkan lapangan sebagai TPS.

Di antaranya, di Desa Loram Wetan, Garung Lor, Gribik, dan Gondangmanis.

Untuk sementara, kata dia, semua TPS di 115 desa sudah siap melaksanakan pemilihan kepala desa yang akan berlangsung Selasa (19/11).

Baca juga: BMKG ingatkan wilayah selatan Jatim berpotensi angin kencang
Baca juga: BPBD Banyumas ingatkan warga waspadai angin kencang


Rombongan Komisi A DPRD Kudus juga melakukan pemantauan TPS di sejumlah desa di Kabupaten Kudus guna memastikan pelaksanaannya nanti berlangsung lancar dan kondusif.

Ketua Komisi A DPRD Kudus Nurhudi mengatakan secara keseluruhan persiapan pelaksanaan Pilkades yang bakal digelar Selasa (19/11) sudah siap.

Hingga Senin (18/11) sore, kata dia, seluruh panitia Pilkades sudah menyiapkan TPS.

Konflik sempat terjadi di Desa Ngemplak, Kecamatan Undaan, Kudus, antarpendukung calon kepala desa.

Ketua Panlih Pilkades Ngemplak Suyanto membenarkan adanya gesekan kecil antarwarga, namun sudah diselesaikan dengan baik.

Di Desa Ngemplak jumlah total pemilih yang terdaftar sebanyak 3.090 warga untuk memilih salah satu dari dua calon, sedangkan jumlah TPS sebanyak enam TPS. 

Baca juga: Cuaca esktrem disebut BMKG mesti diwaspadai warga di selatan Jateng
Baca juga: 82 rumah rusak akibat puting beliung di Banyuasin

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019