Jakarta (ANTARA) - PT Gforce Republic (GR) sebagai Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan asal Swiss pada Jumat merilis skuter roda empat Qooder dengan harga Rp357 juta berstatus on the road Jakarta.

"Kita ingin memberikan posisi harga yang memang cocok untuk konsumen di Indonesia," ungkap Sales and Marketing Manager Gforce Indonesia, Budi Kurniawan pada saat peluncuran Qooder di Jakarta, Jumat.

Motor roda empat itu diklaim yang pertama masuk ke Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Ia juga mengatakan bahwa pabrikan asal Swiss itu ingin memasuki pasar Indonesia karena kontur jalan dan potensi pasarnya. 

"Di kawasan Asia Tenggara, Indonesia menjadi negara pertama, kalau di Asia yang pertama adalah Jepang," kata Budi.

Qooder berfokus pada penjualan di Jakarta, namun tidak menutup kemungkinan akan berkembang ke daerah lain yang di Nusantara.

Mereka pun akan menggaet perusahaan jasa asuransi dan penarikan kendaraan atau towing.

Pada awal masuknya kendaraaan ini di Indonesia, Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) termasuk dalam kategori mobil. 

Setelah di periksa kembali jarak sumbu roda,  akhirnya Qooder masuk kategori motor roda tiga. Dan motor ini akan bersaing dengan Peugeot Metropolis dan Piaggio MP3 yang sudah lebih dahulu mengaspal di Indonesia.

"Karena memiliki jarak sumbu yang lebih pendek, kendaraan ini masuk ke dalam kategori roda tiga bukan lagi masuk kategori mobil. Surat Izin Mengemudi (SIM) juga menggunakan SIM C," ucap Budi.

PT Gforce Republic (GR) meyakini bahwa Qooder sudah siap dipesan dengan memboyong 28 unit sampai saat peluncuran. Motor beroda empat itu dipesan sekitar 16 unit.

Mereka menargetkan penjualan sebanyak 150 unit sampai akhir 2020.

Baca juga: Ini skuter roda tiga mendatang Yamaha

Baca juga: Peugeot punya tiga motor listrik, akankah masuk Indonesia?

Baca juga: Peugeot tawarkan promo dan umumkan kenaikan harga Metropolis
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019