Kita harus bergerak cepat, pariwisata harus menjadi motor penggerak devisa dan memberikan 'multiplayer effect' yang mendorong perekonomian kita lebih tinggi
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah daerah memeroleh penghargaan Trisakti Tourism Award 2019 salah satunya Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat untuk kategori wisata bahari.

Penggagas Trisakti Tourism Award Wiryanti Sukamdani di Jakarta, Minggu (22/12) malam, menyampaikan niat pemberian penghargaan itu untuk mendorong kemajuan industri pariwisata Indonesia.

"Indonesia adalah mutiara khatulistiwa yang wajib kita kelola dan dijaga sebaik-baiknya. Kita tidak boleh meninabobokan atas sumber daya alam yang melimpah karena pariwisata Indonesia sebagai salah satu ujung tombak pertumbuhan ekonomi nasional," ujar dia.

Melalui Trisakti Tourism Awards, ia mengharapkan para kepala daerah semakin terpacu dan bekerja keras membangun destinasi dan industri pariwisatanya.

"Kita harus bergerak cepat, pariwisata harus menjadi motor penggerak devisa dan memberikan 'multiplayer effect' yang mendorong perekonomian kita lebih tinggi," ujarnya.

Ia optimistis pariwisata juga dapat menyejahterakan masyarakat, menghapus kemiskinan, memajukan budaya, dan melestarikan alam lingkungan.

Baca juga: Megawati: Hidupkan Jalur Rempah untuk pariwisata

Hadir dalam acara itu, Presiden ke-5 RI sekaligus Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan sejumlah pejabat lainnya, di antaranya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Wishnutama Kusubandio , Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Ketua Dewan Juri Trisakti Award Sapta Nirwandar menyatakan pemenang didapat dari 60 lebih kabupaten/lkota yang mendaftar sebagai peserta.

Dia menjelaskan pemenang Trisakti Award 2019 untuk kategori wisata bahari, juara pertama Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, diikuti Kabupaten Sumbawa, NTB, dan Kabupaten Belitung, Babel.

Juara satu kategori ekowisata diraih Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur diikuti Kabupaten Kulonprogo, D.I. Yogyakarta, dan Kota Batu, Jawa Timur.

Kategori wisata warisan budaya dan sejarah diraih Kabupaten Tabanan, Bali, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTB, dan Kabupaten Payakumbuh, Sumatera Barat.

Kategori wisata kuliner dan belanja diraih Kota Semarang, Jawa Tengah, Kota Surakarta, Jawa Tengah, dan Kota Medan, Sumatera Utara.

Penghargaan khusus diraih Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara, dan Provinsi Sumatera Selatan.

Baca juga: Pariwisata ujung tombak pertumbuhan ekonomi
Baca juga: Tinjau stan Trisakti Tourisme, Mega jelaskan manfaat kembang telang

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019