Padang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Barat memastikan situasi di wilayah hukumnya aman dan kondusif menjelang perayaan tahun baru Imlek ke-2570 pada 25 Januari 2020

Wakil Kepala Polda Sumatera Barat, Brigadir Jenderal Polisi Rudy Sumardiyanto, di Padang, Jumat, mengatakan, pada prinsipnya Polda Sumatera Barat dan jajaran sudah memerintahkan satuan kewilayahan untuk mengamankan perayaan tahun baru Imlek 2020 agar masyarakat dapat merayakan dengan suasana aman dan damai.

Baca juga: Polresta Jayapura Kotajaga keamanan perayaan Imlek

Selain itu mereka mengimbau masyarakat, baik di Padang maupun kabupaten kota lain, saling menjaga kerukunan antar umat beragama agar dapat hidup dengan damai bersama seluruh umat beragama.

“Tetap jaga situasi Sumatera Barat tetap kondusiff. Kita berharap semua pihak terlibat baik Kepolisian Indonesia, TNI serta elemen masyarakat mengamankan perayaan Imlek tahun ini,” kata dia.

Baca juga: Polda Banten sterilisasi vihara jelang Imlek

Sementara itu Kepala Bidang Humas Polda Sumatera Barat, Komisaris Besar Polisi Stefanus Setianto, menjelaskan untuk pengamanan perayaan Imlek 2020 mereka menyiapkan satu peleton pasukan yang patroli dan mengamankan lokasi pusat perayaan imlek.

Ratusan lampion mulai menghiasi Kelenteng See Hin Kiong dalam rangka menyambut tahun baru Imlek ke-2570 pada 25 Januari 2020 di Gang Hok Tek Jalan Kelenteng, Kampung Cina, Kelurahan Kampung Pondok, Padang, Sumatera Barat.

Baca juga: Tiga replika naga siap meriahkan Imlek dan CGM Singkawang

Seksi Budaya Humas Kelenteng See Hin Kiong Padang, Lie Fuk Thong, mengatakan, lampion sudah mulai dipasang dan dinyalakan selama satu bulan yakni dimulai sejak 9 Januari sampai 8 Februari 2020.

"Lampion ini bertujuan untuk penerangan dan merupakan salah satu bentuk semangat umat dalam menyambut tahun baru Imlek," kata dia.

Baca juga: Kepolisian Bekasi amankan kelenteng jelang Imlek

Pewarta: Mario Nasution
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020