Jaringan ini mereka punya jaringan sampai 50 bidan yang ada di luar, dan masih ada pengembangan yang dilakukan dengan pemeriksaan beberapa dokter yang ada
Jakarta (ANTARA) - Penyidik Polda Metro Jaya mendalami informasi mengenai sejumlah oknum dokter yang mengirimkan pasien mereka ke klinik ilegal di Paseban, Jakarta Pusat, untuk aborsi.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus mengatakan informasi itu didapat dari tiga tersangka yang diamankan saat polisi menggerebek klinik tersebut.

"Keterangan awal yang bersangkutan ada beberapa dokter yang lakukan aborsi, lakukannya di sini, di bawa ke klinik ini, sementara ini klinik ilegal," katanya kepada wartawan di lokasi penggerebekan klinik ilegal di Jalan Paseban No.61 Jakarta Pusat, Jumat.

Ia menyatakan tidak menutup kemungkinan adanya tersangka baru dalam kasus itu.

Dia menyebut sekitar 50 oknum bidan juga mengirim pasiennya ke klinik ilegal tersebut.

"Jaringan ini mereka punya jaringan sampai 50 bidan yang ada di luar, dan masih ada pengembangan yang dilakukan dengan pemeriksaan beberapa dokter yang ada," ujarnya.

Baca juga: Klinik aborsi ilegal di Paseban diduga buang janin ke septik tank

Klinik ilegal itu dijalankan oleh tiga tersangka, yakni MM yang berperan sebagai dokter yang melakukan aborsi, RM sebagai bidan, dan S sebagai staf administrasi klinik.

Tersangka MM diketahui berprofesi sebagai dokter, MM dahulu dokter yang berstatus sebagai pegawai negeri di Riau, namun dipecat karena masalah disiplin, RM berperan sebagai bidan dan juga residivis dalam kasus serupa, sedangkan S juga resividis dalam kasus yang sama.

Klinik aborsi ilegal yang beralamat di Jalan Paseban Raya No.61, Paseban, Senen, Jakarta Pusat itu digerebek Sub Direktorat 3 Sumber Daya Lingkungan (Sumdaling) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya pada 10 Februari lalu. Saat itu, polisi menemukan dua janin hasil aborsi yang berusia sekitar enam bulan.

Akibat perbuatannya, ketiga tersangka itu saat ini ditahan di Mapolda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan lebih intensif.

Mereka dijerat dengan pasal berlapis, yakni Pasal 83 juncto Pasal 64 Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan dan atau Pasal 75 Ayat (1), Pasal 76, Pasal 77, Pasal 78 UU Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran dan atau Pasal 194 jo Pasal 75 Ayat (2) UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan juncto Pasal 55, 56 KUHP.

Ancaman hukuman akibat tindakan mereka di atas 10 tahun penjara.

Baca juga: Operator klinik aborsi ilegal di Paseban akan dikenakan UU TPPU
Baca juga: Klinik aborsi ilegal di Jakarta Pusat raup keuntungan Rp5,5 miliar
Baca juga: Polisi ungkap klinik ilegal di Paseban aborsi 903 janin dalam 21 bulan

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020