sudah menjadi tugas aparat negara untuk melindungi dan membimbing
Manado (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberikan penghargaan kepada lima kapal pengawas yang dinilai memiliki kinerja terbaik pada tahun 2019.

Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan Menteri Edhy Prabowo pada Rapat Kerja Teknis dan Rapat Koordinasi Nakhoda dan Perwira Kapal Pengawas di Manado, Senin.

Kelima kapal pengawas berkinerja terbaik yaitu KP. Orca 04 (Nakhoda Eko Priyono), KP. Orca 02 (Nakhoda Sutisna Wijaya), KP. Hiu 15 (Nakhoda Aldi Firmansyah), KP. Hiu 11 (Nakhoda Muhammad Slamet) dan KP. Hiu 12 (Nakhoda Nofri Sangian).

Baca juga: Menteri Edhy nyatakan KKP serius tangani pencurian ikan
Baca juga: DPR dukung Menteri Edhy tidak ragu ambil keputusan

Baca juga: Kapal pengawas perikanan KKP tertibkan rumpon ilegal Filipina

Menteri Edhy juga menjabarkan kebijakannya yaitu tegas terhadap pencuri ikan asing bahkan kalau perlu ditenggelamkan di tengah laut apabila melakukan perlawanan.

Hanya saja, terhadap nelayan Indonesia harus menjadi pelindung dan pembina.

"Bukankah sudah menjadi tugas aparat negara untuk melindungi dan membimbing masyarakatnya," ujarnya sambil menekankan kembali pentingnya KKP menjadi mitra usaha nelayan.

Baca juga: Menteri Edhy tegaskan regulasi perikanan harus didasari kajian ilmiah
Baca juga: Jepang resmi hibahkan kapal pengawas Hakurei Maru untuk Indonesia
Baca juga: Kapal Pengawas KKP kembali tangkap pencuri ikan berbendera Filipina


Dalam kesempatan yang sama, Plt Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), Nilanto Perbowo menyampaikan aparat Ditjen PSDKP siap melaksanakan arahan Menteri Kelautan dan Perikanan untuk menjadi garda terdepan dalam pemberantasan illegal fishing dan destructive fishing serta membina nelayan Indonesia.

"Segenap aparat kami di lapangan akan bertindak tegas terhadap para pelaku illegal fishing dan mengutamakan upaya preventif dan penaatan terhadap nelayan lokal," ungkap Nilanto.

Baca juga: Menteri KKP akan permudah perizinan bidang perikanan
Baca juga: KKP tambah dua unit kapal pengawas di Laut Natuna dan Selat Malaka
Baca juga: KM Orca 04 amankan delapan rumpon ilegal di Laut Timor

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020