Pekanbaru (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau menggelar rapat jarak jauh dengan KPU RI, guna memetakan berbagai kesiapan dan permasalahan menyongsong Pemilihan Kepala Derah (pilkada) serentak 2020.

Rapat melalui video conference tersebut berlangsung antara KPU RI dan KPU Provinsi Riau, kata Ketua KPU Riau Ilham M Yasir di Pekanbaru, Jumat.

Rapat dipimpin Arief Budiman, Ketua KPU RI, dan dihadiri oleh Viryan Azis, Pramono Ubaid Tantowi. Sedangkan anggota KPU Riau yang hadir adalah Ilham M Yasir selaku ketua, Nugroho Noto Susanto, Firdaus, dan Joni Suhaidi sebagai anggota.

Ilham M Yasir mengatakan, dalam rapat tersebut KPU RI melakukan pengecekan terhadap tahapan pemilihan 2020 yang sedang berlangsung. Di antaranya pemetaan TPS, perkembangan terkini calon perseorangan, seleksi badan adhoc, dan hal-hal yang urgen lainnya.

Dikatakannya, pada seleksi badan adhoc, saat ini di Riau sedang berlangsung tahapan tanggapan masyarakat terhadap hasil wawancara lima besar PPK, dan pengumuman calon anggota PPS.

"Sejauh ini belum terdapat hal krusial terkait tahapan seleksi badan adhoc," kata Ilham.

Selain itu, kata dia lagi, KPU Riau mengimbau agar masyarakat memanfaatkan tahapan tanggapan masyarakat. Serta mengajak bagi warga yang terdapat di sembilan kabupaten/ kota untuk mendaftar sebagai calon anggota PPS (Panitia Pemungutan Suara).

"Sedangkan di tahapan pencalonan perseorangan, saat ini sedang menunggu penyerahan dukungan calon perseorangan hingga batas waktu tanggal 23 Februari 2020 pukul 24.00 WIB," pungkasnya.

Hal lain yang juga dilaporkan sebagai informasi, KPU sedang melakukan tahapan pemetaan TPS untuk memudahkan penetapan TPS pada pemilihan 2020.

Di Riau, rancangan TPS pada tahun 2020 berjumlah 7.817 yang tersebar di sembilan kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada. Dari total TPS tersebut, terdapat dua yang belum ditemukan titik koordinatnya.

Penyebabnya adalah soal sinyal jaringan yang tidak baik. Dua TPU itu berada di Desa Pesajian Batang Peranap Indragiri Hulu.

Baca juga: KPU: Pilkada Kalteng 2020 tak ada bakal calon perseorangan

Baca juga: KPU: Hanya dua pasangan bakal cagub perorangan menyerahkan dukungan

Baca juga: KPU sebut 160 pasangan calon berpotensi maju lewat jalur perseorangan

Pewarta: Vera Lusiana
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020