Alat terapi kanker canggih RSCM ada di ruang radioterapi yang terendam

id RSCM kebanjiran,Banjir Jakarta,RSCM

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengunjungi RS Cipto Mangunkusumo Jakarta, Minggu (23/2/2020), untuk mengecek kondisi banjir yang merendam rumah sakit pemerintah tersebut. ANTARA/HO Kemenkes/am.

Jakarta (ANTARA) - Alat terapi kanker paling canggih bernama Tomotherapy yang dimiliki RS Cipto Mangunkusumo berada di ruang radioterapi yang terendam banjir di rumah sakit pemerintah tersebut pada Minggu.

Kepala Bagian Humas RSCM Ananto saat dihubungi di Jakarta, Minggu, mengatakan seluruh alat radiologi dan radioterapi yang terdampak genangan air tersebut sedang dilakukan pengecekan untuk mengetahui terjadi kerusakan atau tidak.

"Sampai saat ini genangan sudah tidak ada. Alat-alat sedang dilakukan pengecekan, semua sedang dilakukan pengecekan," kata Ananto.

Alat kesehatan Tomotherapy merupakan alat terapi untuk kanker dengan teknologi termutakhir yang dimiliki oleh RSCM. Tomotherapy mulai dioperasikan oleh RS Cipto Mangunkusumo sejak Desember 2016 yang merupakan pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Baca juga: Dua gedung di RSCM juga tergenang dampak hujan lebat semalam

Keunggulan alat Tomotherapy ini adalah bisa memberikan terapi untuk pasien kanker dengan hanya menarget sel kanker di tempat tertentu tanpa merusak sel-sel lain di sekitarnya disertai tingkat keakurasian tinggi.

Selain itu, alat ini juga dapat menarget berbagai wilayah tubuh dengan jangkauan yang lebih luas serta waktu terapi yang lebih singkat dibanding alat radioterapi biasanya.

Alat Tomotherapy ini merupakan salah satu alat canggih kebanggaan RSCM karena hanya dimiliki di sejumlah negara Asia Tenggara seperti Singapura, Thailand, dan Filipina. Selain itu, tarif layanan Tomotherapy di RSCM juga jauh lebih murah dibandingkan dengan layanan yang sama di rumah sakit Singapura.

Baca juga: Terapi Tomotherapy RSCM lebih murah dibandingkan Singapura

Hujan yang melanda kawasan Ibu Kota sejak Sabtu (22/2) malam hingga Minggu (23/2) dini hari menyebabkan banjir di sejumlah wilayah DKI Jakarta, termasuk RS Cipto Mangunkusumo.

Banjir yang melanda Jakarta juga menyebabkan masuknya air ke selasar Gedung RSCM dan juga termasuk ruangan radiologi dan radioterapi.

Kejadian banjir Jakarta yang juga merendam RS Cipto Mangunkusumo itu pun menarik perhatian Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto untuk mendatangi langsung lokasi tersebut.

Menkes Terawan melihat langsung dampak yang diakibatkan oleh banjir di Jakarta sehingga membuat berbagai alat kesehatan di RS rujukan utama milik pemerintah tersebut terendam genangan.

Baca juga: RSCM Jakarta kebanjiran akibat hujan lebat


Pewarta : Aditya Ramadhan
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar