DIY salurkan 1.500 APD ke rumah sakit nonrujukan

id lanud,APD,alat pelindung diri,DIY,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 2019

Sebanyak 1.500 alat pelindung diri (APD) dari pemerintah pusat tiba di Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, Kamis (2/4). (FOTO ANTARA/HO/Humas Pemda DIY)

Yogyakarta (ANTARA) - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta menerima 1.500 alat pelindung diri (APD) dari pemerintah pusat dan akan mendistribusikannya untuk rumah sakit nonrujukan COVID-19 di daerah setempat.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY Biwara Yuswantana dalam keterangannya di Yogyakarta, Jumat, mengatakan selain APD, bantuan yang dikirim langsung dengan pesawat itu juga mencakup 7.500 buah masker surgery.

Baca juga: Pasien positif di RS Darurat Wisma Atlet bertambah jadi 165 orang

"Pendistribusian saat ini akan dilakukan ke rumah sakit nonrujukan COVID-19 dan juga puskesmas yang berada di kabupaten/kota," kata Biwara.

Menurut dia, bantuan alat kesehatan yang tiba di Lanud Adisutjipto, Kamis (2/4) itu akan mulai disalurkan pada Jumat (3/4) melalui Dinas Kesehatan DIY.

Jumlah total fasilitas pelayanan kesehatan yang akan menerima alat kesehatan tersebut terdiri atas 54 rumah sakit dan 121 puskesmas di DIY.

"Setiap rumah sakit nonrujukan di kabupaten/kota akan menerima 15 APD sedangkan setiap puskesmas di akan menerima 10 APD," kata dia.

Sebelumnya, Pemda DIY juga telah menerima 4.000 APD dari pusat. Menurut Biwara, bantuan itu telah selesai didistribusikan khusus untuk rumah sakit rujukan atau rumah sakit yang tengah merawat PDP di DIY.

Baca juga: Ribuan APD dan masker untuk penanganan COVID-19 tiba di Bali
Baca juga: Solok berlakukan jam malam cegah penyebaran virus corona
Baca juga: Juli puncak COVID-19, MPR: Perlu komitmen pemerintah tanggulangi

Pewarta : Luqman Hakim
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar