Jakarta (ANTARA) - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan hampir setiap hari pesawat TNI mengantar alat pelindung diri (APD) ke seluruh Indonesia.

"Hampir setiap hari pesawat TNI mengantar APD ke seluruh Indonesia, ke 34 Provinsi, termasuk di antaranya Kota, yaitu Merauke," kata Tjahjanto dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR RI di Jakarta, Rabu.

Panglima mengatakan sampai saat ini TNI masih menyimpan kurang lebih 100.000 APD di Gudang Merpati, Landasan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta.

"Sewaktu-waktu apabila diperlukan, kami akan langsung mengirim sesuai permintaan," kata Tjahjanto.

Ia mengungkapkan, permintaan tersebut diatur oleh Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan COVID-19.

"Permintaan itu diatur oleh Gugus Tugas, namun biasanya tembusan langsung ke Asisten Operasional (Asops) Panglima TNI, kemudian baru kami laporkan ke Gugus Tugas," kata Tjahjanto.

Baca juga: Panglima: Ada 1.187 kasus COVID-19 di lingkungan TNI

Sebelumnya, Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Yaqut Cholil Qoumas merasa saat ini Indonesia tidak mempunyai otoritas kesehatan yang kokoh.

Menurut Yaqut, otoritas kesehatan yang kokoh itu bisa diukur dari empat hal, pertama staf (staff), kedua peralatan (stuff), ketiga bangunan (structure), dan keempat sistem prosedur operasional (SOP) medis yang memadai.

Ia mengatakan adanya Tenaga Medis yang menangani pasien COVID-19 mengeluh kekurangan alat pelindung diri dan ventilator di Rumah Sakit rujukan COVID-19, serta adanya pasien COVID-19 yang ditolak masuk rumah sakit rujukan di daerah karena rumah sakit tersebut kurang memiliki fasilitas medis untuk menangani COVID-19 adalah bukti kurang memadainya staf, stuf, dan struktur yang dimiliki Indonesia saat ini.

Kemudian, adanya jenazah korban COVID-19 yang ditolak masyarakat menjadi bukti kurangnya SOP yang diterapkan saat ini di Indonesia.

Yaqut meminta hal itu harus dibenahi ke depan agar Indonesia dipandang memiliki otoritas kesehatan yang kokoh dalam mempercepat penanganan COVID-19.

Baca juga: Komisi I setujui tambahan anggaran TNI tangani COVID-19

Baca juga: Panglima TNI minta taruna-taruni bantu tangani pandemi COVID-19

Baca juga: Panglima TNI-Presiden video conference tanggulangi COVID-19

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020