Jakarta (ANTARA) - Satuan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Lanud Halim Perdanakusuma melaksanakan tes cepat (rapid test) COVID-19 kepada seluruh anggota Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin.

"Lanud Halim Perdanakusuma telah melaksanakan rapid test kepada seluruh anggota tanpa terkecuali, baik anggota militer maupun PNS," kata Kepala Dinas Operasi Lanud Halim Perdanakusuma Kolonel Pnb Fata Patria selaku Komandan Posko Satuan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Lanud Halim Perdanakusuma disela-sela pemeriksaan.

Baca juga: "Rapid test" di Riau, 6.081 ODP negatif dan 45 positif, sebut Dinkes

Baca juga: 13.065 warga Jakarta Selatan sudah jalani tes cepat deteksi COVID-19

Baca juga: Hasil "rapid test" di Kaltara, 45 orang positif COVID-19, kata jubir


Hingga Senin ini, kata dia, sebanyak 1522 anggota Lanud Halim Perdanakusuma, telah menjalani rapid test COVID-19.

"Alhamdulillah semuanya negatif," ujarnya dalam keterangan tertulisnya.

Menurut dia, rapid test COVID-19 dilaksanakan oleh tenaga kesehatan dari tiap-tiap Skadron Udara Lanud Halim Perdanakusuma. Dalam pelaksanaannya dibagi menjadi beberapa gelombang dan digelar di beberapa tempat, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

"Rapid test COVID-19 yang dilaksanakan hari ini merupakan kelanjutan dari gelombang-gelombang sebelumnya," kata Fata Patria.

Ia menambahkan, rapid test yang dilaksanakan hari ini merupakan tes menyeluruh terhadap seluruh anggota Lanud Halim Perdanakusuma, termasuk beberapa anggota lanud yang belum melaksanakan test pada gelombang sebelumnya.

"Pelaksanaan test juga tetap mengacu pada protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan menggunakan masker, sehingga dalam pelaksanaannya kami bagi menjadi tiga tempat," tuturnya.

Bagi anggota yang sudah melaksanakan tes, kata Fata Patria, segera mungkin kembali ke satuan kerja masing-masing, untuk menghindari kerumunan dan melanjutkan rutinitas kedinasan.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2020