Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menutup sejumlah objek wisata religi terutama dua makam yang dikeramatkan warga di Pulau Lombok untuk menghindari adanya aktivitas ziarah makam saat Lebaran Topat 1441 Hijriah di tengah pandemi COVID-19.

"Tahun ini, kami meniadakan kegiatan perayaan Lebaran Topat atau ketupat yang dirayakan seminggu setelah Lebaran Idul Fitri yakni pada 8 Syawal, guna memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)," kata Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh di Mataram, Senin.

Dengan demikian, katanya, semua makam yang dikeramatkan terutama Makam Loang Baloq di Kecamatan Sekarbela dan Makam Bintaro di Kecamatan Ampenan, yang menjadi tujuan ziarah makam saat Lebaran Topat, ditutup.

Baca juga: Gugus Tugas: Satu pasien positif klaster Gowa di Tarakan sembuh

"Kami juga menutup objek wisata serta kawasan pantai yang menjadi pusat keramaian saat Lebaran Topat serta melakukan rekayasa lalulintas guna mencegah keramaian, sesuai dengan protokol COVID-19," katanya.

Peniadaan kegiatan Lebaran Topat ini, lanjut wali kota, telah dilakukan sosialisasi kepada camat dan lurah untuk diteruskan hingga tingkat lingkungan agar masyarakat bisa merayakan Lebaran Topat di rumah saja bersama keluarga.

"Karena itu, tim gugus juga akan melakukan pengawasan dengan menempatkan sejumlah aparat dari tim terpadu pada titik-titik yang berpotensi menjadi pusat keramaian saat Lebaran Topat," katanya.

Baca juga: H+1 Lebaran saat pandemi, objek wisata pantai di Mataram-NTB sepi

Dua makam yang menjadi pusat perayaan Lebaran Topat di Mataram adalah Makam Bintaro di Kecamatan Ampenan dan Makam Loang Baloq di Kecamatan Sekarbela yang merupakan makam seorang ulama besar yang berhasil menyebarkan agama Islam di Pulau Lombok.

Perayaan Lebaran Topat diawali dengan ziarah makam kemudian dirangkaikan dengan kegiatan selakaran, zikir, doa dan "ngurisan" atau cukur rambut bayi dan dilanjutkan dengan sejumlah acara adat salah satunya pemotongan "Topat Agung Kote Mentaram" sebagai tanda dimulainya perayaan Lebaran Topat.

Saat Lebaran Topat, hampir seluruh garis pantai Kota Mataram sepanjang 9 kilometer dipenuhi oleh masyarakat yang merayakan Lebaran Topat.

Kondisi serupa juga terjadi di kabupaten lainnya di Pulau Lombok, baik itu Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah maupun Lombok Timur.

Baca juga: TPU Karet Bivak menutup kegiatan ziarah di momen Lebaran ikuti PSBB
Baca juga: Saat Istana tak rayakan Idulfitri 1441 Hijriah
Baca juga: RSD Wisma Atlet catat 1.936 pasien sembuh

 

Pewarta: Nirkomala
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020