Masuk 100 terbaik se-Indonesia, UMSU peringkat satu PTS di Sumatera

id umsu, dikti,peringkat,terbaik,Lembaga Pemeringkat 4 International Colleges & Universities (4ICU),se-Sumatera,4ICU University Rankings

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah 1 Sumut Prof Dian Armanto di Medan, Rabu (3/6/2020) menyatakan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) masuk dalam daftar 100 perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi pemeringkatan yang dirilis oleh 4ICU University Rankings Tahun 2020. (FOTO ANTARA/HO-LLDikti Wilayah I Sumut))

Medan (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) masuk dalam daftar 100 perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi pemeringkatan yang dirilis oleh Lembaga Pemeringkat 4 International Colleges & Universities (4ICU) Rankings Tahun 2020, yakni berada pada urutan 53, dan menjadi perguruan tinggi swasta peringkat pertama di Sumatera Utara.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah 1 Sumut Prof Dian Armanto di Medan, Rabu mengatakan bahwa naiknya peringkat beberapa perguruan tinggi di Sumut itu pertanda adanya perbaikan mutu yang dilakukan pihak universitas.

Kondisi ini, kata dia, tentu sangat menggembirakan dan diharapkan kualitas pendidikan di kampus bisa terus dipacu untuk ditingkatkan.

"Prestasi ini membanggakan, maka kami mengajak untuk terus bekerjasama guna menjalankan program-program Dikti agar lebih baik, dan saya kira untuk akreditasi internasional kiranya sudah perlu dipertimbangkan kembali," katanya.

Menurutnya ada beberapa kriteria yang dijadikan rujukan untuk menentukan peringkat performa sebuah perguruan tinggi.

Pertama, derajat akreditasi, dimana saat ini UMSU sudah meraih Akreditasi “A” untuk institusi dan sudah ada 10 program studi di UMSU yang juga terakreditasi A.

"Tak kalah pentingnya lagi adalah publikasi," katanya.

Penilaian yang dilakukan 4ICU University Rankings karena sifatnya tidak meninjau langsung, kata dia, maka publikasi yang dilakukan universitas sangat menentukan.

Pada saat sekarang ini, pemanfaatan media publikasi tidak bisa diabaikan karena masyarakat bisa menilai dan mengkonfirmasi aktivitas yang dilakukan.

"Publikasi itu sekarang sangat menentukan, bukan hanya di tingkatan universitas, tapi juga individual dosen. Apakah yang dilakukan dosen secara individual, baik itu publikasi diri dosen melalui jurnal ataupun melalui penelitian atau kegiatan lain, dan saya kira UMSU memfasilitasi publikasi itu," katanya.

Lembaga Pemeringkat 4ICU merupakan direktori dan ranking perguruan tinggi di dunia yang dibuat oleh laman 4icu.org.

Lembaga ini setiap tahunnya memublikasikan peringkat utama secara global maupun nasional di satu negara

UMSU berada pada urutan 53 perguruan tinggi terbaik se Indonesia dan menjadi perguruan tinggi swasta peringkat pertama di Sumatera Utara.

Posisi UMSU dalam daftar yang disusun pemeringkatan 4ICU University Rankings Tahun 2020, jauh di atas Universitas Medan Area yang berada di peringkat 78 dan Universitas Potensi Utama (152), Universitas Pancabudi (176) disusul Universitas Islam Sumatera Utara di peringkat (186).

Selain itu, yang paling membanggakan, pada daftar universitas terbaik yang disusun pemeringkatan 4ICU University Rankings Tahun 2020, UMSU masuk dalam urutan 34 "Top Islamic Universities in the World".

Posisi UMSU berada di bawah Universiti Sains Islam Malaysia (29), Jordan University of Science and Technology (30) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (31), Taibah University (32), Osmania University (33), demikian Dian Armanto .

Baca juga: UMSU juara debat Bahasa Indonesia via daring tingkat nasional

Baca juga: Pandemi COVID-19, UMSU-universitas Malaysia gelar forum ilmiah digital

Baca juga: UMSU digandeng Kemendes PDTT dalam pendampingan BUMDes

Baca juga: UMSU akan bangun OIF di titik nol peradaban Islam Indonesia


 

Pewarta : Juraidi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar