Pariaman (ANTARA) - Sebanyak 17 penyelam yang terdiri atas unsur pemerintah dan komunitas di Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), mengibarkan bendera Merah Putih di dalam laut di kawasan Pulau Bando.

"Kegiatan ini dalam rangka peringatan kemerdekaan ke-75 RI serta mempromosikan objek wisata bahari," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pariaman Hendri di Pariaman, Sabtu.

Ia mengatakan dipilihnya Pulau Bando yang merupakan Kawasan Taman Wisata Perairan (TWP) Pieh karena lokasi itu berpotensi untuk dikembangkan jadi pariwisata minat khusus.

Baca juga: Manajemen Ancol siapkan pengibaran bendera merah putih di dalam air

Setidaknya dua bendera dikibarkan di dalam laut melalui ekspedisi Merah Putih 3 tersebut yaitu ukuran 2x3 meter serta 1x10 meter dengan kedalaman 5,6 meter.

Ia menyebutkan ada sejumlah pihak yang ikut serta dalam ekspedisi tersebut yaitu Komunitas Merah Putih Pariaman, Tabuik Diving Club (TDC), Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional Pekanbaru, organisasi, serta BUMN dan BUMD.

Sementara itu Ketua TDC, Tomi Syamsuar mengatakan kegiatan tersebut sejalan dengan kegiatan komunitas yaitu ikut melestarikan alam di bawah laut.

Ia berharap kegiatan tersebut sering dilakukan untuk mengedukasi masyarakat luas agar mencintai laut dan pentingnya menjaga lingkungan.

Sebelumnya Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pariaman Hendri mengatakan bahwa pengibaran bendera Merah Putih tersebut merupakan yang ketiga kalinya dalam rangka memperingati hari kemerdekaan tingkat Kota Pariaman yang pada tahun ini kegiatan itu diiringi penanaman terumbu karang.

Ia menyampaikan kegiatan itu dilaksanakan dekat Pulau Bando yang rangkaiannya dimulai dari Jumat (14/8) sampai Minggu (16/8).

Baca juga: Pariaman akan kibarkan Bendera Merah Putih di dalam laut
Baca juga: FKPPI Kendari-komunitas penyelam kibarkan Merah Putih di bawah laut

Pewarta: Altas Maulana/Aadiat MS
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2020