Banda Aceh (ANTARA) - Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman menyebutkan pemerintah kota setempat bersama Pangkalan Udara (Lanud) Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh akan bekerjasama merevitalisasi monumen pesawat Dakota RI-001 Seulawah di Lapangan Blang Padang, Baiturrahman, Banda Aceh.

"Memang (monumen pesawat Dakota RI-001 Seulawah) sudah menjadi salah-satu ikon kemajuan pariwisata di ibu kota provinsi ini," ujar Aminullah di Banda Aceh, Kamis.

Pihaknya menyambut baik usulan perawatan monumen pesawat Seulawah yang disampaikan oleh Komandan Lanud SIM, Kol Pnb Mohamad Satriyo karena merupakan pesawat pertama dibeli dari uang sumbangan rakyat Aceh, dan sangat besar jasanya dalam perjuangan pembentukan Negara Indonesia.

Baca juga: Presiden terima penyumbang dana pembelian pesawat Seulawah

Wali kota pun meminta kepada dinas terkait untuk menjadikan monumen atau Tugu Pesawat Dakota RI-001 Seulawah sebagai destinasi wisata atau lokasi tur bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke daerah berjuluk "Kota Serambi Mekkah" itu.

Aminullah juga menyampaikan, bahwa selama ini hubungan antara Pemerintah Kota Banda Aceh dengan Lanud Sultan Iskandar Muda terjalin sangat baik.

"Hingga sekarang, tentu kita juga perlu bersilaturrahim dengan harapan dapat saling mendukung dalam setiap pelaksanaan tugas serta tanggung jawab. Agar sinergitas dan soliditas dapat terus ditingkatkan dalam upaya mewujudkan stabilitas pembangunan, dan keamanan yang kuat di wilayah Kota Banda Aceh ini," terang Wali Kota Aminullah.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman sehari sebelumnya telah menyambut kedatangan Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda yang baru, Kol Pnb Mohamad Satriyo Utomo di pendopo wali kota Banda Aceh, Rabu (19/8).

Dalam silaturrahim tersebut, Satriyo mengutarakan keinginannya agar bekerjasama dalam perawatan pesawat Dakota RI-001 Seulawah yang sudah menjadi monumen di kawasan Lapangan Blang Padang.

"Karena pesawat ini merupakan pesawat kebanggaan rakyat Indonesia pada umumnya, dan orang Aceh khususnya," kata Danlanud Satriyo.

Baca juga: Nasir Djamil temui lima ahli waris pemegang obligasi pembelian dua pesawat Seulawah

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020