Semarang (ANTARA) - Pelajar SMAN 3 Semarang memperoleh penghargaan "Young Entrepreneurs Choice Award" dalam kompetisi bisnis pelajar tingkat Asia Pasifik, 2020 Junior Achievement (JA) Asia Pacific Company of the Year Competition yang digelar secara virtual.

Co-Founder and Academic Advisor Prestasi Junior Indonesia, Robert Gardiner, dalam siaran pers di Semarang, Sabtu, mengatakan, Visco Student Company, perusahaan vurtual karya siswa SMAN 3 Semarang meraih penghargaan Young Entrepreneurs Choice Award.

Karya tersebut, kata dia, sukses menyisihkan perusahaan virtual milik siswa dari belasan sekolah dari sejumlah negara di kawasan Asia Pasifik.

Baca juga: Siswa Indonesia raih prestasi di ajang festival seni internasional

Selain SMAN 3 Semarang, wakil Indonesia lainnya yang juga meraih prestasi dalam ajang tersebut yakni SMAN 2 Denpasar.

Emi Student Company karya siswa SMAN 2 Denpasar itu sukses meraih peringkat 2 dalam ajang tersebut.

Gardiner menambahkan SMAN 2 Denpasar dan SMAN 3 Semarang merupakan sekolah penerima manfaat program edukasi "Youth Sociopreneurship Initiative" yang digagas oleh Prestasi Junior Indonesia bersama Citi Indonesia (Citibank).

"Melalui program ini, para pelajar tidak hanya memperoleh pengalaman pertama berwirausaha, tetapi juga memiliki kesempatan mengembangkan keterampilan yang sangat dibutuhkan di abad 21," katanya.

Baca juga: Tiga siswa Jakarta torehkan prestasi pada ajang debat di AS

Selain itu, kata dia, bisnis yang ditawarkan para siswa tersebut dinilai berhasil menjawab permasalahan lingkungan yang dekat dengan keseharian, sekaligus mampu memberdayakan dan memberikan dampak ekonomi kepada komunitas.

Dalam ajang tersebut, siswa SMAN 3 Semarang manawarkan produk andalan Sight dan Soyase, yang dikembangkan dari material-material ramah lingkungan.

Soyase merupakan tas, dompet dan tempat pensil yang terbuat dari material hasil olahan limbah tahu. Sementara Sight merupakan lampu dekoratif hasil daur ulang kayu yang dilengkapi dengan siluet eksotis khas Nusantara.
***3***
Baca juga: Penerus bangsa yang berkarya melampaui batas

Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020