Lubukbasung, Sumbar (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menyatakan 40 warganya terkonfirmasi positif COVID-19 dan dua orang dinyatakan sembuh pada Ahad ini.

"Ini data yang kita peroleh dari Tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso, Ahad," kata Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Agam Martias Wanto di Lubukbasung, Ahad.

Ia mengatakan 40 warga Agam itu merupakan kasus terbanyak semenjak pandemi COVID-19 dan sebelumnya hanya di bawah 40 orang.

Ke 40 warga terkonfirmasi positif itu tersebar di Kecamatan Tanjungmutiara tiga orang, Kecamatan Lubukbasung empat orang, Kecamatan Tanjungraya tujuh orang.

Baca juga: 22 pasien COVID-19 di Agam sembuh

Baca juga: Sebanyak 28 pasien COVID-19 di Agam dinyatakan sembuh


Lalu di Kecamatan Ampeknagari enam orang, Kecamatan Ampekkoto tiga orang, Kecamatan Banuhampu empat orang, Kecamatan Sungaipua tiga orang.

Kemudian di Kecamatan Ampekangkek tiga orang, Kecamatan Baso empat orang, Kecamatan Kamangmagek dua orang dan Kecamatan Tilatangkamang satu orang.

"Hanya Kecamatan Malalak, Palembayan, Palupuh dan Canduang tidak ada warganya yang positif," katanya.

Ia menambahkan dengan bertambahnya 40 warga terkonfirmasi positif maka jumlah yang masih terkonfirmasi 346 orang yang dirawat di rumah sakit 26 orang, karantina 22 orang dan isolasi mandiri 298 orang.

Pada Minggu ini juga ada pasien sembuh dua orang di Kecamatan Ampeknagari satu orang dan Kecamatan Kamangmagek satu orang.

Mereka sembuh setelah hasil usapnya dinyatakan positif dua kali secara berturut-turut.

"Total pasien sembuh sebanyak 574 orang dari total warga positif 934 orang," katanya.*

Baca juga: Seorang tahanan di Lapas Lubukbasung positif COVID-19

Baca juga: 382 warga Agam Sumbar sembuh dari COVID-19

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020