Tarakan (ANTARA) - Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0907/Tarakan memberikan pelayanan kesehatan untuk warga di Kelurahan Karang Harapan, Tarakan, Kalimantan Utara.

"Dalam program TMMD juga menerjunkan tim kesehatan langsung ke lokasi sasaran yang terletak di RT 16 Kelurahan Karang Harapan," kata anggota Poliklinik Kesehatan Kodim 0907/Tarakan Serma Amin di Tarakan, Minggu.

Sejak dibukanya TMMD ke-109 di Tarakan, tim kesehatan selalu aktif memeriksa kesehatan warga setempat dari rumah ke rumah.

Baca juga: Personel Satgas TMMD dan warga lokasi kegiatan rutin periksa kesehatan

Dia bersama tim kesehatan secara bergantian akan terus berkeliling dari rumah ke rumah untuk melakukan cek kesehatan sembari menanyakan keluhan masyarakat.

"Secara bergantian, kami terus memeriksa kesehatan warga serta menyosialisasikan bagaimana cara menjalani pola hidup yang bersih dan sehat," kata Amin.

Ia menambahkan, di tengah pandemi COVID-19 saat ini, warga tentu harus banyak tahu dan banyak melakukan sesuatu terkait protokol kesehatan.

Baca juga: Satgas TMMD maksimalkan pengerjaan jembatan di Tarakan

"Kehadiran tim kesehatan di lokasi sasaran diharapkan dapat mengubah cara berpikir warga desa yang mungkin masih cuek dan meremehkan virus ini, hingga benar-benar tersadar bahwa virus ini sangat berbahaya," katanya.

Sementara itu, Usman (70) salah satu warga di RT 16 yang dikunjungi menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Satgas TMMD. Selain membangun desanya, Satgas TMMD juga berperan aktif dalam mengatasi kesulitan rakyat khususnya masalah kesehatan.

Baca juga: Satgas TMMD optimalkan pengerjaan 1,1 km jalan di Tarakan

“Alhamdulillah kami senang, selain diberi obat dan vitamin, kami juga diberitahukan cara untuk hidup bersih dan sehat serta cara mencegah penyebaran virus corona. Hal ini sangat membantu, di mana kami diberikan pelayanan kesehatan secara langsung dan tidak perlu susah payah untuk berjalan ke puskesmas," katanya.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020