Sedangkan puncak arus balik libur panjang dalam rangka cuti bersama dan Maulid Nabi Muhammad SAW diprediksi berlangsung pada Minggu hingga Senin
Jakarta (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memprediksi puncak arus liburan masyarakat keluar Jakarta akan terjadi malam ini hingga Rabu pagi.

"Prediksi puncak kepadatan itu kemungkinan hari ini sampai nanti malam dan bisa saja sampai Rabu pagi besok," kata kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Mako Polda Metro Jaya, Selasa.

Baca juga: Angka teguran hari pertama Operasi Zebra 2020 meningkat

Sedangkan puncak arus balik libur panjang dalam rangka cuti bersama dan Maulid Nabi Muhammad SAW diprediksi berlangsung pada Minggu hingga Senin.

"Sedangkan prediksi arus puncak kembalinya pada Minggu siang sampai dengan hari Senin dini hari," tambahnya.

Sambodo mengatakan pihaknya memprediksi terjadinya kepadatan arus lalu lintas menuju Cikampek dan telah mempersiapkan sejumlah skenario antisipasi.

Baca juga: Ditlantas Polda Metro Jaya siapkan 2.999 personel kawal libur panjang

Untuk mengantisipasi hal tersebut, skenario-skenario telah kita siapkan skenario contra flow dan one way yang akan diberlakukan pada rute Jakarta-Cikampek dan sebaliknya apabila terjadi kepadatan. Meski demikian rekayasa arus lalu lintas tersebut bersifat situasional

Lebih lanjut dia mengatakan skenario tersebut tidak hanya bisa digunakan saat terjadinya kepadatan, tapi juga di saat terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Sambodo juga mengatakan salah satu langkah persiapan Polda Metro Jaya jika terjadi kepadatan adalah memberlakukan buka tutup jalur di sejumlah titik.

Baca juga: Ditlantas Polda Metro berikan edukasi tertib lalu lintas di sekolah

"Maka jika terjadi kepadatan, bisa saja rest area di wilayah Polda Metro Jaya yaitu di rest area KM19, KM39 dan KM33 kita laksanakan buka tutup," tuturnya.

Tidak hanya soal lalu lintas, Ditlantas Polda Metro Jaya juga berkoordinasi dengan pihak pengelola rest area untuk menjaga protokol kesehatan dengan membatasi jumlah pengunjung hingga 50 persen dari kapasitas maksimal.

Kemudian untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat selama libur panjang ini Polda Metro Jaya telah menyiagakan 2.999 personel termasuk 749 Polisi Lalu Lintas yang akan ditempatkan di 16 pos pengamanan di jalan tol, jalan arteri dan tempat wisata.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020