Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin melalui Fakultas Peternakan bekerja sama dengan PT Charoen Pokphan menyalurkan donasi berupa 1 ton bakso dan olahan ayam palekko siap konsumsi kepada warga korban bencana gempa di Mamuju dan Majene, Provinsi Sulawesi Barat.

Kegiatan pelepasan bantuan berlangsung pukul 14.00 Wita di lokasi pengolahan bakso, kawasan Teaching Farm Unhas, Kampus Tamalanrea secara virtual, Ahad.

Ketua Panitia Dr Hikmah MSi IPU menjelaskan donasi ini dipersiapkan dalam waktu dua hari.

Pihaknya mengolah 400 kg ayam potong yang kemudian diolah menjadi olahan ayam siap konsumsi menu palekko sebanyak 1.500 paket.

Baca juga: Komunitas TDA Palu kirim logistik bantu korban gempa Mamuju-Majene

Baca juga: BNPB: Gubernur Sulbar tetapkan status tanggap darurat pascagempa


Dari pihak Fakultas Peternakan sendiri mendonasikan 630 kg daging sapi yang diolah menjadi bakso siap konsumsi sebanyak 2.500 paket.

"Kami berharap, 3.500 paket bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat yang saat ini sedang membutuhkan bantuan," kata Hikmah.

General Manager HC PT Charoen Pokphand Indonesia Baso Alim Bahri MAdm SDA berharap tetap bisa mendukung dan terlibat secara aktif bersama Unhas memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan.

Dekan Fakultas Peternakan Unhas, Prof Dr Lellah Rahim MSc menyampaikan sivitas akademik dan dharma wanita Fakultas Peternakan juga terlibat dalam donasi.

Respon bencana dan situasi darurat telah menjadi langkah yang selalu diambil Fakultas Peternakan, yang merupakan bentuk implementasi humaniversity.

Prof Lellah menjelaskan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat guna membantu proses pendistribusian dan membantu mengawal pengiriman bantuan agar dapat sampai dilokasi bencana.

Hal ini untuk memastikan bantuan tersalurkan secara merata kepada pihak yang benar-benar membutuhkan.

"Bantuan bakso dan ayam ini relatif bermanfaat, karena dapat langsung dikonsumsi, dan dapat bertahan selama beberapa hari, serta memiliki kandungan gizi yang tinggi,” kata Prof Lellah.*

Baca juga: Anggota DPR serukan warga jangan tinggalkan Mamuju

Baca juga: UNM kirim relawan dan bantuan ke Sulbar

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021