kalau bukan kita, siapa lagi yang akan melawan COVID-19
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 269 aparatur sipil negara (ASN) menerima vaksin COVID-19 fase pertama di Balai Yos Sudarso, Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Senin.

"Dari target 299 ASN, yang hadir 269 orang, yang belum hadir kurang lebih 20-an orang (28 orang). Kemudian dua orang ditunda, karena ternyata mempunyai penyakit jantung dan biasa kontrol ke dokter. Mereka juga membawa obat," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara dr Yudi Dimyati  kepada ANTARA, di Jakarta.

Ia menjelaskan, Sudin Kesehatan Jakarta Utara menyediakan kuota vaksin bagi ASN di Kantor Wali Kota Jakarta Utara untuk fase pertama ini sebanyak 777 dosis.

Sementara, masih ada 508 dosis vaksin yang belum digunakan untuk kegiatan vaksinasi fase pertama bagi ASN di Kantor Wali Kota Jakarta Utara.

Namun, kata Yudi, kemungkinan masih ada lagi penambahan kuota vaksin hingga pelaksanaan pada Rabu mendatang.

Baca juga: 300 ASN di Jakarta Pusat jalani vaksinasi COVID-19

"Ini (kuota vaksin) sepertinya bakal bertambah karena Suku Dinas Pendidikan mau ikut, tapi yang saat ini (kuota vaksin) yang baru masuk 777," kata Yudi.

Jadwal vaksinasi fase pertama bagi ASN pada kegiatan hari pertama di Kantor Wali Kota Jakarta Utara itu terbagi dalam lima gelombang untuk mencegah kerumunan.

Berdasarkan data, jadwal vaksinasi yang diperoleh ANTARA, ada 299 ASN di sejumlah Suku Dinas (Sudin) dan Suku Badan yang ditargetkan hadir mengikuti vaksinasi di hari pertama ini, yaitu di antaranya:

a. 133 ASN di Sekretariat Kota Jakarta Utara melaksanakan vaksinasi dalam tiga gelombang, yaitu gelombang satu pada pukul 08.00 WIB sampai 09.00 WIB sebanyak 58 orang, gelombang dua pada pukul 09.00 WIB sampai 10.00 WIB sebanyak 60 orang, dan gelombang tiga pada pukul 10.00 WIB sampai 11.00 WIB sebanyak 15 orang.

b. 18 ASN di Inspektorat Wilayah Kota Jakarta Utara melaksanakan vaksinasi pada pukul 10.00 WIB sampai 11.00 WIB (gelombang tiga)

Baca juga: Wali Kota Jakarta Utara jalani vaksinasi di kantornya

c. 15 ASN di Sudan Kepegawaian Jakarta Utara melaksanakan vaksinasi pada pukul 10.00 WIB sampai 11.00 WIB (gelombang tiga)

d. 21 ASN di Sudin Sosial Jakarta Utara melaksanakan vaksinasi dalam dua gelombang, yaitu gelombang tiga pada pukul 10.00 WIB sampai 11.00 WIB sebanyak 12 orang dan gelombang empat pada pukul 11.00 WIB sampai 12.00 WIB sebanyak sembilan orang.

e. 12 ASN di Sudin Kebudayaan Jakarta Utara melaksanakan vaksinasi pada 11.00 WIB-12.00 WIB (gelombang empat)

f. 13 ASN di Sudin Pariwisata Jakarta Utara melaksanakan vaksinasi pada 11.00 WIB-12.00 WIB (gelombang empat)

g. 11 ASN di Sudin Komunikasi Informatika, dan Statistik (Kominfotik) Jakarta Utara melaksanakan vaksinasi pada 11.00 WIB-12.00 WIB (gelombang empat)

Baca juga: ASN Jakarta Pusat diharapkan jadi prioritas vaksinasi periode kedua

h. 32 ASN di Sudin Pertamanan Jakarta Utara melaksanakan vaksinasi dalam dua gelombang, yaitu gelombang empat pada pukul 11.00 WIB sampai 12.00 WIB sebanyak 15 orang dan gelombang lima pada pukul 13.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB (usai istirahat sholat dan makan siang) sebanyak 17 ASN.

i. 33 ASN di Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Utara melaksanakan vaksinasi pada 13.00 WIB-15.00 WIB (gelombang lima).

j. 11 ASN di Sudin Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Jakarta Utara melaksanakan vaksinasi pada 13.00 WIB-15.00 WIB (gelombang lima)

Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim ikut memantau pelaksanaan vaksinasi tersebut sekitar pukul 14.00 WIB.

Ia mengapresiasi para ASN yang antusias mengikuti kegiatan vaksinasi di kantor Wali Kota Jakarta Utara tersebut.

Baca juga: Wagub jamin ASN DKI tak salah soal vaksinasi Helena Lim

"Antusiasme yang tinggi dari ASN Jakarta Utara untuk ikut vaksin menandakan bahwa sudah timbul kesadaran. Karena kalau bukan kita, siapa lagi yang akan melawan COVID-19," ujar Ali.

Dia mengatakan kegiatan vaksinasi ASN Jakarta Utara tidak hanya digelar di lantai dua Balai Yos Sudarso, Kantor Wali Kota Jakarta Utara saja, tapi juga digelar serentak di sejumlah lokasi vaksinasi lain, seperti:

Untuk ASN wilayah Kecamatan Kelapa Gading melaksanakan vaksinasi di Gedung GOR Judo, ASN Kecamatan Pademangan di Puskesmas Kecamatan Pademangan.

Selanjutnya, ASN Kecamatan Tanjung Priok di Aula Kantor Lurah Papanggo, ASN Kecamatan Penjaringan di Aula Kantor Camat Penjaringan, ASN Kecamatan Koja di Aula Kantor Camat Koja dan ASN Kecamatan Cilincing di Aula Kantor Camat Cilincing.

Rencananya, Pemerintah Kota Jakarta Utara juga akan melanjutkan program vaksinasi ini hingga menyasar para tokoh masyarakat, dan sebagainya, guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Baca juga: Wagub DKI sebut belum ada keluhan vaksin COVID-19 dari lansia

"Niatkan bahwa ini untuk menyelamatkan diri sendiri, saudara dan lingkungan sekitar supaya bisa memutus mata rantai penyebaran COVID-19," ujar Ali.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021