Malang (ANTARA News) - Jalur Kota Malang menuju Kediri, Rabu sore, ditutup sehubungan jembatan "bailey" (darurat) yang menghubungkan kedua daerah ambrol karena tiang penyangga kiri dan kanannya tergerus Sungai Konto.

Camat Pujon Hablul Matin di Malang, Rabu, menjelaskan, ambrolnya jembatan darurat itu karena derasnya aliran Sungai Konto akibat hujan deras yang terus mengguyur kawasan itu.

"Jembatan Ngeprih saat ini dalam keadaan darurat, sehingga laju kendaraan baik roda dua atau empat yang melewati kawasan itu terpaksa dialihkan, dan telah ditutup total. Sementara, penutupan akan berlangsung sekitar lima jam," ujar Hablul.

Ia menjelaskan, sejumlah petugas kepolisian dibantu Koramil dan warga setempat tengah bergotong royong membetulkan posisi penyangga jembatan.

Hablul telah menghubungi sejumlah pejabat daerah termasuk Bupati Malang Sujud Pribadi, guna menurunkan tim untuk mempercepat memulihkan kondisi jembatan "ambrol tersebut.

Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Malang M Anwar mengaku menuju lokasi guna melihat keadaan jembatan darurat tersebut.

Anwar mengatakan, jalur yang melintasi Kota Batu - Pujon - Kandangan hingga ke Kediri itu merupakan jalur milik provinsi, sehingga yang bertanggungjawab adalah pemerintah provinsi.(*)

ANT/R010/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010