Jakarta (ANTARA) - Pemerintah melalui sinergi Kementerian Perdagangan dan Kementerian Komunikasi dan Informatika mencanangkan program Hari Bangga Buatan Indonesia 2021 (BBI 2021) pada 5 Mei 2021.

Pencanangan Hari BBI 2021 didukung 72 platform e-commerce (niaga-el) yang memberikan sejumlah promosi niaga-el pada 5 hingga 13 Mei 2021 mendatang.

Melalui Hari BBI 2021, pemerintah mendorong platform niaga-el untuk menyediakan program gratis ongkos kirim (ongkir) dan program-program promosi belanja.

Antara telah merangkum beragam promosi yang dihadirkan sejumlah platform e-commerce dalam rangka menyemarakkan gelaran Hari Bangga Buatan Indonesia 2021.

1. Shopee
Perusahaan e-commerce Shopee menghadirkan Promo Puncak 5 Mei Shopee Big Ramadhan Ekstra Sale.

Dengan berbelanja pada tanggal 5 Mei, konsumen berkesempatan mendapatkan voucher gratis ongkir minimal belanja mulai Rp0, cashback hingga Rp100 ribu, ekstra voucher diskon 55 persen, hingga flash sale serba seribu.

Selain itu, Shopee juga menghadirkan diskon hingga 90 persen untuk beragam produk serta program menarik lainnya seperti Murah Lebay, Ingatkan Diskon, Big Brand Rush Hour, dan Supermarket Sale. Program promo tersebut telah dimulai sejak pukul 00.00 WIB.

2. Lazada
Lazada menghadirkan program Ramadhan Sale 5.5 yang berlangsung dari tanggal 3 hingga 5 Mei 2021. Melalui program tersebut Lazada menghadirkan sejumlah promo seperti cashback, diskon hingga 90 persen, gratis ongkir, dan beragam voucher potongan harga.

3. JD.ID
JD.ID turut menyemarakkan Hari Bangga Buatan Indonesia 2021 dengan menghadirkan promosi khusus. JD.ID menawarkan diskon 20 persen + gratis ongkir kepada konsumen yang berbelanja produk dalam negeri pada 5 hingga 7 Mei mendatang.

4. Blibli
Blibli meluncurkan laman khusus berupa microsite bertema Hari Bangga Buatan Indonesia yang berisi kurasi spesial produk-produk UMKM dan brand lokal.

Microsite tersebut diluncurkan oleh platform Blibli pada 3 Mei dan akan berlangsung hingga 13 Mei 2021, menghadirkan kurasi spesial dari 8 juta lebih produk UMKM dan brand-brand lokal terbaik.

Blibli juga menyediakan program ongkir gratis untuk semua pengiriman produk UMKM dan brand-brand lokal. Terdapat pula kerja sama dengan 20 mitra pengiriman untuk menyediakan berbagai opsi pengiriman, termasuk pengiriman cepat seperti 2 Hour Delivery, Instant Delivery, dan Same Day Delivery.

5. Zalora
Zalora menghadirkan program 5.5 Festival Belanja Online, di mana konsumen dapat menikmati beragam promosi seperti ekstra voucher, flash sale, dan cashback.

Promo yang ditawarkan di antaranya diskon hingga 85 persen + potongan Rp30 ribu. Promo tersebut bisa diperoleh dengan menggunakan Telkomsel Poin, Ovo, atau menukarkan poin di Grab Rewards.

Selain itu, terdapat pula voucher potongan hingga Rp2 juta + cashback 5 persen dengan minimal pembelian Rp399 ribu serta voucher 30 persen off + cashback 10 persen bagi 5000 pelanggan pertama.


Baca juga: Ada Harbolnas, BI: Transaksi e-commerce bakal melonjak jelang Lebaran

Baca juga: Ekonom nilai bansos pemerintah mampu dorong daya beli masyarakat

Baca juga: Transaksi belanja di merchant e-commerce meningkat saat Harbolnas

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021