Jakarta kemarin, pemudik sebelum mudik dilarang hingga SIKM terbit

id Berita kemarin, Jakarta kemarin, SIKM, Mudik, larangan mudik,Kekaisaran sunda,Anies Baswedan,KAI,Stasiun Senen

Jakarta kemarin, pemudik sebelum mudik dilarang hingga SIKM terbit

Polda Metro Jaya tangkap kendaraan dengan pelat nomor 'Kekaisaran Sunda Nusantara' di Tol Cawang, Jakarta Timur, Rabu (5/5/2021). ANTARA/HO-Polda Metro Jaya/aa.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita seputar Jakarta terpopuler pada Kamis (6/5) menarik dibaca kembali untuk menjadi referensi bacaan pada Jumat (7/5) di antaranya:

KAI : 58.629 penumpang berangkat sebelum mudik dilarang

PT Kereta Api (KAI) Daop 1 Jakarta memberangkatkan 58.629 penumpang sebelum larangan mudik diberlakukan mulai Kamis, ke sejumlah kota tujuan di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, baik dari Stasiun Pasar Senen maupun Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, saat dihubungi di Jakarta, Kamis pagi, menyatakan, jumlah tersebut terdiri dari Stasiun Gambir sebanyak 17.563 penumpang dan Stasiun Pasar Senen 41.066 penumpang, selama periode 1-5 Mei 2021.
Baca selengkapnya

Pengemudi mobil "Kekaisaran Sunda" merupakan Kepala Keamanan di RT

Rusdi Karepesina yang namanya menjadi perbincangan karena mobil berpelat "Kekaisaran Sunda" ternyata seorang Kepala Keamanan di lingkungan rukun tetangga (RT) tempat tinggalnya di Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur.

"Dia jadi kepala keamanan RT saya. Jadi, seksi keamanan di pegang beliau. Misalnya pernah ada pencurian kabel PLN 8 kalau di RT saya, beliau yang nangani, ada pencurian mobil dia bantu," kata Ketua RT 06 tempat tinggal Rusdi Karepesina, Arif Indra, saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.
Baca selengkapnya

SIKM tidak wajib bawa jika perjalanan masih dalam wilayah Jabodetabek

Surat Izin Keluarasuk (SIKM) tidak wajib dibawa penumpang bus di Terminal bus Kalideres, Jakarta Barat, jika melakukan perjalanan masih dalam wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Saat ditemui ANTARA di Jakarta, Kamis (6/5), Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnain mengatakan bahwa kewajiban membawa SIKM berlaku ketika penumpang ingin bepergian ke luar wilayah Jabodetabek.
Baca selengkapnya
Situasi di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, pada Hari Pertama Pelarangan Mudik, Kamis (6/5/2021). (ANTARA/Ricky Prayoga)
Larangan mudik, ini syarat perjalanan gunakan KAJJ

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta tetap mengoperasikan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) pada masa larangan mudik mulai 6 Mei 2021, Kamis dengan sejumlah syarat tertentu yang harus dipenuhi para calon penumpangnya.

Selama masa larangan mudik pada 6 Mei sampai 17 Mei 2021, PT KAI Daop 1 Jakarta hanya mengoperasikan tujuh kereta api (KA), yakni empat KA keberangkatan dari Stasiun Gambir dan tiga KA keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen dengan tujuan Tegal, Purwokerto, Purwosari, Solo, Surabaya dan Malang.

"Jumlah KAJJ yang dioperasikan hanya bagi pelaku perjalanan mendesak untuk kepentingan non mudik memang terbatas," kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Kamis.
Baca selengkapnya

Anies terbitkan keputusan soal prosedur SIKM

Setelah menunggu sekian lama, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya menerbitkan keputusan mengenai prosedur pengurusan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) di wilayah Pemprov DKI Jakarta, Kamis.

Prosedur SIKM yang ketentuannya berlaku selama masa peniadaan mudik Idulfitri 1442 H tanggal 6-17 Mei tersebut, ditetapkan melalui Keputusan Gubernur (Kepgub) DKI Jakarta Nomor 569 tahun 2021 tentang Prosedur Pemberian Surat Izin Keluar Masuk Wilayah Provinsi DKI Jakarta Selama Masa Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H.
Baca selengkapnya

Pewarta : Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar