Pontianak (ANTARA) - Rising Kubu Raya dan destinasi ekowisata Telok Berdiri, Kalimantan Barat, berhasil masuk 10 besar nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2021.

"Alhamdulillah Kubu Raya terpilih masuk dalam nominasi 10 besar dalam Branding Pariwisata pada API tahun 2021. Mudah-mudahan kita bisa menjadi juara dalam ajang tersebut, dan saya optimis kita bisa menjadi juara," kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Kamis.

Dirinya berharap, hal tersebut bisa menjadi semangat bagi masyarakat Kubu Raya, terutama bagi desa yang memiliki destinasi wisata agar bisa memaksimalkan potensi wisata yang ada di desa mereka.

Baca juga: Kota Payakumbuh masuk nominasi dua kategori API 2021

"Program pariwisata desa ini jelas akan memberikan multiplayer effect dan sekaligus sebagai upaya pemulihan ekonomi serta upaya-upaya untuk memperkuat semua sektor termasuk pertanian, agro, UMKM, dan ekonomi kreatif anak-anak muda," tuturnya.

Terkait hal tersebut, Muda meminta dukungan dari semua masyarakat Kubu Raya untuk mengawal ajang ini dengan bersama-sama melakukan voting untuk bersemangat wisata dan memperkuat branding rising Kubu Raya dan memperkuat destinasi-destinasi wisata dengan hal-hal yang menarik.

Baca juga: AMO: Progam SOG masuk nominasi API 2021

"Termasuk wisata budaya, kuliner, ekonomi kreatif, dan semuanya akan berdampak langsung kepada desa-desa di Kubu Raya. Mari kita sama-sama dukung ajang ini dengan memberikan voting ke IG@disporaparkuburaya dan channel youtube Disporapar Kabupaten Kubu Raya. Kami optimis bisa meraih prestasi terbaik dalam ajang API 2021 ini," katanya.

Menurut Muda, branding itu penting karena di situ melekatkan bagaimana orang mengenal sebagai ikon daerah, sehingga branding Rising Kubu Raya itu sama halnya dengan ikon Kubu Raya ‘Menanjak’.

Baca juga: Gubernur NTT tekankan pentingnya keramahtamahan di destinasi wisata

Jadi rising itu merupakan suatu kemunculan yang bersinar, kemunculan yang memberikan harapan dan punya daya segar yang memberikan suatu optimisme dan keyakinan kuat serta progresif.

"Sehingga dalam proses nominasi untuk menjadi yang terbaik, tentunya akan terus kita perkuat dari berbagai hal yang akan kita ikuti nantinya, termasuk voting (dukungan) yang akan diberikan baik dari pemerintah maupun masyarakat luas sampai ke semua desa-desa di Kubu Raya," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2021